Salegor 1982, Oleh-oleh Khas Pangandaran yang Terkenal dan Sering Diburu Wisatawan

proses pembuatan oleh-oleh salegor pangandaran
Proses pembuatan Salegor 1982 yang merupakan oleh-oleh khas Pangandaran sangat terkenal dan sering diburu wisatawan. Foto : Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Selain terkenal dengan lokasi objek wisata yang sudah mendunia, Kabupaten Pangandaran juga memiliki beragam macam makanan khas dan oleh-oleh yang tradisional banget.

Salah satu oleh-oleh khas tradisional Pangandaran itu adalah Salegor atau sale goreng, yang selalu menjadi buruan warga lokal maupun pengunjung atau wisatawan.

Salah seorang pengusaha Salegor di Desa Karangpawitan, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Hj Ai, mengaku bahwa usahanya tersebut mulai pertama kali dirintis pada tahun 1982.

“Untuk itu, Salegor milik saya tersebut sering disebut oleh para pembeli dengan sebutan Salegor 1982 Padaherang,” ujar Hj Ai kepada HR Online, Rabu (25/3/2020).

Hj Ai menuturkan, bahwa sale goreng yang diproduksinya itu, tidak hanya satu jenis pisang saja. Akan tetapi ada banyak jenis pisang yang dijadikan salegor.

Untuk harganya, Salegor buatannya itu dibanderol mulai dari harga Rp 12 ribu sampai Rp 50 ribu per kilonya. 

Sedangkan untuk pemasaran sale goreng atau Salegor 1982 produksi Hj Ai tersebut, selain dipasarkan ke seluruh Kabupaten Pangandaran juga tembus ke kota- kota besar. (Ntang/R5/HR-Online)

Loading...