Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita CiamisSejak Dibangun, RPU Banjarsari Ciamis Tak Pernah Beroperasi

Sejak Dibangun, RPU Banjarsari Ciamis Tak Pernah Beroperasi

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Sejak dibangun beberapa tahun silam, Rumah Pemotongan Unggas (RPU) Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kabarnya belum pernah beroperasi sekalipun. Padahal, pembangunan RPU berupa bangunan dan peralatan menghabiskan anggaran ratusan juta rupiah.

Pantauan HR di lapangan, kondisi bangunan RPU yang berada di Dusun Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terlihat kumuh tak terawat. Bahkan di halaman RPU tersebut banyak ditumbuhi rerumputan liar.

Petugas Peternakan UPTD Peternakan Banjarsari, Budi, ketika ditemui Koran HR di ruang kerjanya, Selasa (17/03/2020), membenarkan kondisi RPU yang tidak terawat tersebut.

Budi menjelaskan, sejak dirinya ditugaskan ke UPTD Peternakan Banjarsari, belum pernah melihat adanya aktifitas pemotongan hewan di lokasi RPU yang lokasinya berdekatan dengan Pasar Kambing Banjarsari.

“Sejak saya pindah kesini pada tahun 2015 lalu, saya juga belum pernah melihat adanya aktifitas pemotongan hewan unggas di tempat RPU, mungkin semuanya sudah pada tahu,” katanya.

Menurut Budi, dirinya tidak begitu tahu tahun berapa bangunan RPU tersebut dibangun. Karena ketika ia ditugaskan ke Banjarsari, RPU tersebut sudah ada namun tidak berjalan. Sepengetahuannya, mMesin potong juga sudah komplit, tapi entah karena faktor apa RPU ini tidak berjalan.

“Cuma saya dulu pernah sedikit tahu, jika RPU yang ada di Banjarsari ini akan dipindahkan ke Banjaranyar. Bahkan saat mengecek lokasi pun saya sempat ikut. Namun begitu juga pembangunan RPU yang di Banjaranyar, sama nasibnya seperti RPU yang ada di Banjarsari ini. Sejak dibangun belum pernah beroperasi,” terangnya. (Suherman/Koran HR)

- Advertisment -