Semut Paling Berbahaya di Dunia, Bisa Membunuh Manusia Sekali Gigit

Semut Paling Berbahaya di Dunia
Ilustrasi semut paling berbahaya di dunia. Foto : net/ist

Semut paling berbahaya di dunia ternyata bukan hanya untuk sesama hewan saja melainkan juga manusia. Semut paling berbahaya di dunia ini tidak cuma dari gigitannya, namun juga ada yang beracun sampai bisa membunuh manusia.

Meski semut merupakan hewan yang memiliki ukuran kecil, tapi ada jenis yang mempunyai kemampuan untuk membunuh.

Hewan kecil ini masuk dalam golongan serangga, serta hidup secara berkoloni. Dalam satu koloninya, umumnya semut ini berjumlah tidak kurang dari ratusan ribu.

Mengutip dari berbagai sumber, sampai saat ini ada lebih dari 12 ribu jenis semut yang tersebar di penjuru dunia.

Semut Paling Berbahaya di Dunia

Setidaknya sampai saat ini ada delapan jenis semut yang bisa berbahaya dan mengancam jiwa termasuk manusia. Bahkan ada semut yang masuk dalam Guiness Book Of World Record, sebagai hewan kecil yang berbahaya.

Semut Pony

Foto : net/ist

Kecil-kecil menakutkan, itu yang disandang oleh serangga yang satu ini. Pasalnya,  hewan kecil salah satu yang paling ditakuti dari semua jenis atau spesies semut.

Semut Pony atau semut hijau ini memiliki sifat spesifik serta biasanya endemik di Australia. Untuk tampilannya sangatlah khas dan unik.

Meski tubuhnya kecil, namun jika semut Pony ini menyengat lawannya termasuk manusia, maka bisa mengakibatkan rasa sakit yang begitu hebat.

Jika sudah terkena sengatan atau gigitannya yang sangat kuat itu disarankan untuk segera mendapatkan perhatian medis.

Sebab, semut paling berbahaya di dunia ini dalam satu kali gigitannya ini di dalamnya terkandung racun berbahaya, yang bisa mengakibatkan korban mengalami terjatuh dan kemudian syok anafilaksis.

Tanda dari syok anaphylactic antara lain reaksi alergi yang membuat menjadikan gatak lalu muntah dan kemudian pembengkakan.

Namun jika korban tidak segera mendapat perawatan medis, racunnya yang kuat itu bisa sampai membunuh.

Semut Bulldog

Semut Bulldog. Foto : net/ist

Anda pasti tahu anjing bulldog. Ya, tidak berbeda jauh dengan jenis anjing tersebut untuk semut yang memiliki nama latin Myrmecia ini juga mempunyai fisik yang menyeramkan.

Jumper ants atau bull ants adalah nama lain dari semut Bulldog, yang masuk dalam  semut paling berbahaya di dunia. Bahkan serangga kecil ini masuk dalam Guinness World Records, karena memiliki gigitan dan sengatan yang mematikan.

Semut Bulldog yang biasa hidup di pesisir Australia dan Tasmania itu, merupakan semut yang paling besar dengan ukuran paling kecil 15 mm sampai terbesar mencapai 40 mm. Selain itu, serangga kecil ini juga paling agresif di antara spesies lainnya.

Ciri khas dari semur bulldog adalah pada rahangnya yang besar, sehingga tidak heran jika serangga tersebut kelihatan mengerikan dan sangar.

Bukan hanya itu, semut bulldog masuk dalam semut paling berbahaya di dunia karena dibekali dengan sengatan yang sangat berbahaya dan bisa mematikan mangsanya.

Kemampuan lainnya dari serangga kecil ini, apabila biasanya semut dikenal memiliki penglihatan dengan jarak pendek, akan tetapi untuk spesies semut yang satu inibisa melihat serta melacak targetnya dari jarak satu meter.

Keunikan lain dari semut bulldog, saat tubuhnya terpotong menjadi 2 bagian yaitu antara buntut dengan kepala, maka serangga menakutkan ini akan saling bertarung, bahkan berusaha untuk saling membunuh.

Pertarungan dua anggota tubuh itu, untuk kepalanya akan menggigit bagian buntut, sedangkan buntut akan menyengat bagian kepalanya.

Semut Api

Semut paling berbahaya di dunia lainnya adalah semut api yang tidak kalah mematikannya dengan Pony atau Bulldog.

Secara fisik, semut ini tubuhnya sedikit transparan, namun bagian senjatanya berupa sengatan sangat menyakitkan.

Jika terkena sengatan dari jenis semut ini, maka bisa memberikan efek seperti kulit terbakar serta sangat menyakitkan. Apabila tidak segera ditangani secara medis bisa berakibat fatal.

Army, Semut paling berbahaya di dunia

Dari sebutannya saja pasti semut ini dalam satu koloni jumlahnya bisa sangat banyak. Ya, koloni dari semut paling berbahaya di dunia ini bisa sampai sekitar lebih dari 100 ribu .

Jadi saking banyaknya, maka semut Army ini saat menyerang musuh atau targetnya bakal menggulingkan mangsanya dengan sangat cepat.

Semut Siafu

Foto : net/ist

Serangga kecil namun menakutkan ini bisa ditemukan di negara Afrika Tengah dan Afrika Timur. Julukan lain dari semut Siafu ini adalah Driver Ant.

Yang bikin takut dari hewan kecil itu yaitu dalam satu koloni atau sarang bisa mencapai 20 juta. Selain banyak kemampuan dari semut Siafu adalah mempunyai rahang yang sangat kuat untuk merobek mangsanya.

Semut Florida Harvester

Asal dari semut paling berbahaya di dunia ini adalah dari padang pasir Amerika bagian utara, selatan dan tengah.

Meski mempunyai tubuh yang tidak jauh berbeda dengan semut biasa, namun semut Florida Harvester memiliki kemampuan meminum racun, seperti lebah madu atau ular kobra.

Lantas apa gunanya meminum racun tersebut? Ternyata racunnya itu dipakai sebagai mekanisme pertahanan serta senjata pembunuh korban atau musuhnya. Bahkan, konon racunnya itu sama berbahayanya dengan racun yang ada di ular kobra.

Semut Penenun

Semut paling berbahaya di dunia lainnya adalah semut penenun atau nama lainnya green tree ant. Keunikan dari serangga kecil ini adalah di tubuh bagian belakangnya memiliki warna hijau.

Meski tidak seberbahayanya dengan semut Bulldog atau Pony, namun gigitannya dari semut yang ada di Australia serta Asia Tropika itu, bisa menimbulkan rasa sakit seperti tertusuk jarum.

Semut Jack Jumper

Jack Jumper termasuk dalam semut paling berbahaya. Foto : net.ist

Bentuk dari semut yang satu ini seperti kalajengking dengan warna hitam dan mempunyai capit serta kakinya berwarna kuning.

Jack Jumper termasuk dalam semut paling berbahaya di dunia karena memiliki kandungan racun. Jika terkena racun maka mangsanya itu bakal timbul efek alergi, denyut jantung meningkat serta tekanan darah yang rendah. (Adi/R5/HR-Online)