Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita PangandaranSering Hujan, Produksi Bata Merah di Pangandaran Menurun

Sering Hujan, Produksi Bata Merah di Pangandaran Menurun

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Hujan yang terus turun di Desa Paledah, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, berdampak pada produksi bata merah di Pangandaran.

Yana, salah seorang pengrajin bata, mengatakan, semenjak hujan sering turun, produksi batanya mengalami penurunan drastis.

“Biasanya sehari mampu mencetak bata mulai 500 sampai 1000 buah bata, tapi kondisi hujan seperti ini hanya bisa mencetak bata di bawah 500 buah,” katanya kepada HR Online, Selasa (3/3/2020).

Lanjut Yana, lantaran hujan, proses mencetak bata pun membutuhkan waktu lama, terutama saat proses pengeringan.

“Semula proses pengeringan hanya dua minggu bahkan bisa kurang dari dua minggu itu sudah bisa dibakar batanya, tapi saat ini penjemuran untuk mengeringkan bata bisa sampai 3 minggu,” ungkapnya.

Proses pengeringan menjadi lama, kata dia, karena menjemur bata merah memerlukan sinar matahari yang cukup, sementara di Desa Paledah pun belum ada alat untuk memroses pengeringan bata.

“Bukan hanya di saya saja, produksi bata turun, tetapi pengrajin bata merah lainnya di Desa Paledah juga mengeluh sama seperti saya, karena proses pembuatan bata merah kan memang di mana-mana sama saja,” terangnya.

Yana menuturkan, harga bata merah asli dari Desa Paledah dijual dengan harga Rp 450 ribu per seribu bata.

“Harga bata merah di sini kalau dijual di tempat pengrajinnya hanya Rp 450 ribu untuk seribu bata, kalau diantar sampai tujuan harganya beda lagi,” kata Yana.

Menurut Yana, penjualan bata merah Desa Paledah ini juga tergantung banyak tidaknya warga yang sedang membangun.

“Batanya bukan hanya dikirim di sekitar Pangandaran saja, tapi juga dikirim ke Ciamis, Banjar, sampai Cilacap,” terang Yana.

Yana menambahkan, setiap pengrajin bata merah di Pangandaran memiliki langganan sendiri. Namun bata asal Paledah ini lebih banyak dipesan oleh warga Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Ciamis. (Entang/R7/HR-Online)

- Advertisment -