Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisSitu Cimonteng Rajadesa Ciamis Sepi Pengunjung, Ada Apa?

Situ Cimonteng Rajadesa Ciamis Sepi Pengunjung, Ada Apa?

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Situ Cimonteng di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, biasanya ramai dipadati oleh para pemancing. Namun, kini kondisinya menjadi sepi pengunjung.

Dodi, warga sekitar mengatakan, sebelum dilakukan pengerukan, setiap hari Situ Cimonteng ramai dipadati para pemancing dan para pengunjung yang berekreasi.

“Waktu Situ Cimonteng masih bisa jadi tempat mancing, bibir Situ selalu dipadati para pemancing mania. Orang-orang yang hobby memancing dari luar daerah pun banyak berdatangan sehingga siang maupun malam hari suasana di lokasi Situ selalu ramai,” ujar Dodi kepada HR Online, Jum’at (13/3/2020).

Kata Dodi, Selain untuk memancing, banyak warga dari berbagai daerah datang untuk berekreasi menikmati panorama alam dan keindahan Situ.

“Kalau sekarang malah menjadi sepi, nggak tahu juga sebabnya kenapa, tiba-tiba sepi aja, yang biasanya ramai sama pengunjung dan pemancing. Bahkan biasanya rame sampai malam,” katanya.

Baca Juga: Situ Cimonteng Ciamis Diharapkan Jadi Obwis Baru

Sementara itu, Maman, warga lainnya mengatakan, ramai dan sepinya Situ Cimonteng Rajadesa sebetulnya tergantung pada tata kelolanya.

“Ketika Situ dikontrakan dan dijadikan lokasi pemancingan dengan sendirinya orang yang mengontraknya terus mempromosikan sehingga khususnya para pemancing dari luar daerahpun banyak berdatangan,” ucapnya.

Hal ini  menurutnya adalah wajar karena pihak yang mengontrak berorientasi pada bisnis. “Agar keberadaan Situ menjadi menjadi ramai dan bisa meningkatkan PAD, maka harus ada inovasi baru,” lanjut Maman.

Apalagi, kata dia, dengan panorama alam dan keindahan Situ Cimonteng Rajadesa bisa disulap jadi obyek wisata lokal yang tidak kalah menarik dengan obyek wisata lain.

“Hanya saja segala sesuatunya juga tergantung pada pembiayaan. Sehingga harus melibatkan Pemerintah Kabupaten, Propinsi atau Pemerintah Pusat, tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri,” tandasnya. (Edji/R7/HR-Online) 

- Advertisment -