Situs Palsu Peta Penyebaran Virus Corona Sebarkan Virus Komputer

Peta Penyebaran Virus Corona
Peta Penyebaran Virus Corona yang menyebarkan malware komputer. Foto: Muhafid/HR

Peta penyebaran virus corona palsu telah ditemukan oleh peneliti keamanan di Reason Labs menyebarkan virus komputer. Peta penyebaran dalam situs tersebut dibuat mirip seperti situs aslinya.

Salah satu situs paslu yang telah di uji coba adalah www.virustotal.com, di mana didalamnya terdapat virus yang dinamai corona-virus-map.com.exe.

peta dalam situs tersebut sangat mirip dengan peta yang dibuat oleh Universitas John Hopkins dan sangat meyakinkan.

Ketika komputer mengakses situs palsu tersebut, maka pengguna akan mendapat popup pemberitahuan supaya bisa mendapatkan update terbaru.

Tanpa disadari, ketika pengguna menyetujuinya, maka virus akan masuk kedalam komputer tanpa perlu melakukan instalasi.

Virus tersebut berjalan tanpa disadari oleh pengguna, karena yang tampil pada layar merupakan peta penyebaran virus corona palsu dan virus berjalan di belakang layar.

Bahaya Virus Pada Peta Penyebaran Virus Corona Palsu

Shai Alfasi, peneliti di Reason Labs mengatakan, virus yang berada pada situs palsu tersebut merupakan keluarga AZORult.

Virus AZORult, merupakan sebuah virus yang diperjualbelikan di jaringan underground dan berfungsi untuk mencuri data-data sensitif pada sebuah komputer.

Selain mencuri data pada komputer, virus ini juga menciptakan sebuah jalur akses khusus pada komputer, sehingga kapanpun hacker dapat mengakses komputer yang sudah terinfeksi.

“Virus tersebut juga dapat mengunduh sebuah malware tambahan kedalam komputer yang sudah terinfeksi,” katanya.

Situs palsu ini sengaja dibuat bersamaan dengan merebaknya virus corona, sehingga hacker bisa menginfeksi dan memasuki lebih banyak komputer di dunia.

Cara Mencegah Supaya Komputer Tidak Terinfeksi Virus

Berdasarkan penelitian dari perusahaan keamanan Check Point mencatat, 50% domain terkait corona virus mengandung virus yang dapat menginfeksi komputer.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah supaya komputer tidak terinfeksi virus adalah dengan berhati-hati ketika mencari situs yang memuat peta penyebaran virus corona.

Ketika ingin mencari informasi terbaru perihal penyebaran virus corona di dunia, diusahakan untuk mencari situs yang telah di verifikasi.

Selain itu, Shai Alfasi menyarankan untuk menggunakan Antivrus yang ampuh, karena, virus jenis AZORult tidak bisa dicegah dengan antivirus convensional.

Peta penyebaran virus corona pada situs palsu tersebut masih dipantau secara aktif oleh Reason Lab melalui intelejen ancaman di dunia maya, oleh karena itu masyarakat disarankan untuk berhati-hati. (Muhafid/R6/HR-Online)