Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisSoal Penetapan S Sebagai Tersangka, Begini Respon Ketua DPRD Ciamis

Soal Penetapan S Sebagai Tersangka, Begini Respon Ketua DPRD Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana, membenarkan pihaknya telah menerima surat penetapan tersangka dari Polres Ciamis yang ditujukan terhadap oknum Anggota DPRD Ciamis dengan inisial S dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Surat penetapan tersangka S tersebut atas dugaan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Nanang menjelaskan, pihaknya menerima surat tersebut per tanggal 4 Maret 2020 dari Polres Ciamis yang ditujukan langsung ke Ketua DPRD Ciamis.

“Setelah dapat surat ini, sudah menjadi kewajiban Sekretariat Dewan (sekwan) untuk membuat surat laporan status hukum S kepada Gubernur Jabar melalui Bupati Ciamis,” kata Nanang kepada HR Online saat berada di rumah dinasnya, Selasa (17/3/2020).

Berdasarkan PP No 12 tahun 2018 tentang penyusunan tata tertib DPRD, baik Provinsi, maupun Kabupaten/Kota, dalam pasal 133 ayat 2 menyatakan Sekertaris DPRD wajib melaporkan kejadian ini kepada Gubernur.

“Surat pemberitahuannya sudah dilayangkan ke Gubernur, setelah pihak Polres Ciamis menetapkan S dari terlapor menjadi tersangka,” imbuhnya.

Meski S ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus ini, lanjut Nanang, namun sampai saat ini S masih bekerja sebagai anggota DPRD Ciamis seperti biasanya.

“Dia (S) masih bekerja sabagai anggota DPRD Ciamis. Bahkan semua fasilitas masih dia terima dengan baik. Secara hukum positif, dia masih bisa bekerja, kecuali sudah ada kekuatan hukum yang tetap dan itu pun ada aturan main dari internal Partai sendiri. Jadi ini bukan kewenangan kita,” tegasnya.

Menurut Nanang, DPRD Ciamis tidak punya kewenangan dan kapasiatas untuk megnambil sikap, karena kajadian yang menimpanya di luar tugas sebagai anggota DPRD.

Berbeda kalau kejadian ketika menjalankan tugas DPRD, misal melakukan pemukulan di kantor DPRD baru pihaknya akan mengambil sikap tegas. 

Baca juga: Anggota DPRD Ciamis Berinisial S Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus KDRT

Disinggung soal DPRD akan memanggil yang bersangkutan, Nanang menegaskan tidak akan pernah memanggil karena bukan kewenangannya.

“Kejadian tidak ada hubungannya dengan kegiatan DPRD, dan yang memiliki kewenangan untuk memanggil adalah Partainya sendiri,” pungkas Nanang. (Es/R6/HR-Online)

- Advertisment -