Speaker HP Rusak Karena Jatuh, Seperti Inilah Cara Memperbaikinya

Speaker HP Rusak Karena Jatuh
Ilustrasi Speaker HP Rusak Karena Jatuh. Foto: Istimewa

Speaker HP rusak karena jatuh bisa terjadi kapan saja pada anda. Kemungkinan HP yang terjatuh ini bisa disebabkan karena ketidaksengajaan atau perilaku yang lalai dari pemiliknya.

Ketika HP jatuh dan mengakibatkan speaker mengalami kerusakan, maka ada kemungkinan bila HP terbentur cukup keras. Sehingga komponen speakernya menjadi bermasalah.

Apalagi jika HP anda jatuh dari tempat yang lumayan tinggi, maka kerusakan semacam ini tidak bisa terelakan lagi.

Cara Memperbaiki Speaker HP Rusak Karena Jatuh

Kerusakan speaker HP ini pastilah mengakibatkan ketidaknyamanan saat menggunakannya. Suara yang ditimbulkan menjadi tidak jelas, pecah-pecah, dan yang lainnya.

Jika anda merasa sangat terganggu dengan kondisi speaker semacam ini, maka segeralah melakukan perbaikan. Berikut ini cara memperbaiki speaker ponsel yang rusak karena jatuh.

Cek Kondisi Pengaturan Volume

Cara memperbaiki speaker HP rusak karena jatuh pertama kali yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan kondisi pengaturan volume pada HP anda.

Hal ini dilakukan karena terdapat adanya kemungkinan saat HP anda jatuh, pengaturan volumenya menjadi terganggu.

Cara ini dilakukan apabila HP anda yang jatuh merupakan HP Samsung, Asus, iPhone, Xiaomi, dan HP Android lainnya.

Cara ini pun dapat anda coba jika speaker yang memiliki suara yang tidak jelas dibandingkan suara biasanya. Tentunya, setiap HP memiliki sistem pengaturan volume yang berbeda-beda.

Inilah yang kemudian harus anda pertimbangkan dengan baik. Langkah awal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki speaker HP rusak karena jatuh adalah dengan masuk ke menu suara untuk memulai pengaturan.

Di menu tersebut, terdapat pilihan suara speaker yang dapat anda sesuaikan. Kemudian coba atur suara speaker HP anda pada tingkat volume maksimal atau tertinggi.

Untuk mengetahui apakah kualitas suaranya sudah kembali seperti semula, maka cobalah memutar lagu atau sumber suara lainnya guna melakukan tes suara yang dihasilkan.

Jika anda mendengar suara speaker HP yang statis dan juga terdistorsi, maka dapat melakukan penurunan volume suaranya. Namun, jika mendengar suara yang tidak jelas, maka lakukan sebaliknya.

Cobalah Reset HP

Cara memperbaiki speaker HP rusak selanjutnya bisa dengan cara melakukan reset pada HP anda.

Saat HP terjatuh, ada sebuah peluang membuat software menjadi bermasalah yang kemudian juga mempengaruhi sistem pada speakernya.

Untuk melakukan cara ini, maka anda harus kenali dengan baik suara speaker HP sebelum jatuh. Jika memang merasa ada perbedaan suara yang terpaut jauh, maka cobalah terlebih dahulu untuk meresetnya.

Cara ini dilakukan sebelum melakukan tindakan yang lainnya. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan simpel dalam memperbaiki speaker HP rusak karena jatuh.

Cukup dengan mematikan daya HP anda. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat. Lalu coba aktifkan HP kembali dan cek kondisi suara yang dihasilkan.

Menggunakan Kode Khusus

Terdapat sebuah cara yang sangat direkomendasikan untuk anda dalam memperbaiki speaker ponsel rusak yang disebabkan oleh berbagai faktor, yang salah satunya karena terjatuh. Cara ini adalah memasukkan sebuah kode khusus.

Sebenarnya, kode ini merupakan sebuah kode rahasia yang memang sengaja dirancang untuk digunakan pada setiap jenis HP. Terutama saat mengalami kerusakan, termasuk juga kerusakan speaker HP.

Langkah awal yang dapat dilakukan dengan memperbaiki speaker HP rusak karena jatuh dengan cara ini adalah mencari kode tersebut di laman pencarian Google.

Setelah anda sudah mendapatkan kode yang dimaksud, maka langkah berikutnya adalah memasukkannya dan mengetiknya melalui papan tombol telepon yang sudah tersedia.

Kemudian akan muncul beberapa pilihan seperti software info, servive test, service info dan lain sebagainya.

Anda pun dapat masuk ke menu yang memang diperuntukkan untuk mengatur volume speaker agar anda dapat menemukan bagian permasalahan kerusakannya.

Bawa HP ke Toko Service

Jika kerusakan yang ditimbulkan sudah terlalu parah dan sulit untuk diperbaiki, cara terakhir yang dapat anda lakukan jika menggunakan langkah sebelumnya tidak berhasil maka bawalah HP anda ke tempat service terdekat.

Pihak service akan memberikan arahan yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki speaker HP rusak karena jatuh. (R10/HR-Online)