Spesifikasi HP Oppo A31, Smartphone Kelas Menengah Kualitas Premium

Spesifikasi HP Oppo A31
HP Oppo A31. Foto : net/ist

Spesifikasi HP Oppo A31 bisa bersaing dengan smartphone lain di kelasnya entry level. Hal itu disebabkan karena spesifikasi HP Oppo A31 yang dibawanya ini sangat mumpuni.

Terlebih saat ini Oppo yang berasal dari China ini semakin berkembang, terutama dari teknologi yang dibawanya.

Hal tersebut untuk menghadapi persaingan di dunia ponsel, sehingga membutuhkan inovasi baik dari desain sampai teknologi. Oppo A31 merupakan salah satu dari seri A yang dibekali teknologi canggih.

Di Indonesia sendiri, seri A31 yang masuk pada bulan Februari 2020 lalu ini sengaja menghadirkan smartphone tersebut untuk membidik pengguna pemula.

Spesifikasi HP Oppo A31 bukan hanya dibekali dengan layar lebar, melainkan juga dipasang triple camera serta penyimpanan internal yang besar.

Selain itu, seri terbaru A besutan Oppo ini juga mempunyai daya baterai berkapasitas yang lebih baik. Jadi, meski masuk dalam kelas pemula, akan tetapi perangkat ini dibekali dengan spek yang mumpuni.

Detail Spesifikasi HP Oppo A31

Tidak sedikit perusahaan atau pabrikan ponsel yang melakukan inovasi pada produknya. Terlebih saat ini, permintaan dari konsumen yang sangat beragam, mulai dari kamera, layar sampai fitur.

Guna memenuhi apa yang diinginkan oleh konsumen, maka pihak Oppo menggarap sebuah ponsel pintar yang bisa memuaskan konsumen setia, yaitu HP Oppo A31.

Seperti diketahui bahwa produk-produk Oppo sering bertengger di papan atas dalam hal penjualan. Oppo bisa bersaing dengan raksasa elektronik Samsung, Vivo, Apple dan sebagainya.

Begitu juga dengan spesifikasi HP Oppo A31 yang baru saja hadir di Indonesia ini. Tidak sedikit yang membandingkan smartphone tersebut dengan Realme 5 Pro dan ponsel lainnya.

Lantas bagaimana dengan spek yang dibawa oleh A31 ini? apakah tampilan dan performanya bisa memuaskan para konsumen setia? Untuk menjawab hal tersebut, berikut ini ulasannya.

Cek Harga Oppo A31 di Lazada dan di Shopee!

Performa

Oppo A31 didukung dengan prosesor MediaTek Helio P35 Octa-Core berkecepatan 2.32 GHz. Prosesornya itu tidak hanya lancar saat menjalankan game atau memutar video, tapi juga bisa mengelola konsumsi daya sampai serendah mungkin.

Selain itu, performa makin kencang karena dibantu oleh RAM berkapasitas 4 GB, yang disandingkan dengan penyimpanan internal yang besar yakni 128 GB.

Dengan ROM yang besar itu, maka memori penyimpanan tersebut bisa menampung lagu, video, foto dalam jumlah yang tidak sedikit.

Namun, jika ROM tersebut masih dirasa kurang besar bisa ditambahkan dengan memori eksternal slot microSD sampai 256 GB.

Spesifikasi HP Oppo A31 lainnya di bagian daya baterai memiliki kapasitas 4230 mAh. Dengan daya sebesar itu bisa menonton video HD sampai 14 jam lebih dan bermain game sampai 7 jam lebih.

Layar dan Desain

Sementara untuk layarnya berukuran lebar yakni 6,5 inci. Displaynya tersebut berdesain terbaru Nano-Waterdrop Notch yang hadir 31,4 persen lebih kecil dari sebelumnya.

Sedangkan resolusi layarnya mencapai 1600 x 720 piksel dengan aspek rasio layar 89 persen. Selain itu, display tersebut sudah dilindungi Gorilla Glass 3 sebagai antigoresnya.

Dengan layar yang lebar tersebut, maka Oppo A31 ini memberikan pengalaman untuk bermain game serta menonton video menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, ditambah pula teknologi layar yang bisa memanjakan dan melindungi mata dari kelelahan, yaitu dengan menyaring cahaya biru.

Spesifikasi HP Oppo A31 bagian dimensi berukuran 163.9 x 75.5 x 8,3 mm, dengan berat mencapai 180 gram.

Oppo A31 sendiri hadir dalam 2 pilihan warna yang sangat memukau. Warna Mystery Black diambil atau inspirasinya dari ketenangan malam tanpa bulan, sedangkan warna Fantasy White inspirasinya dari Ru Ware yang legendaris.

Desain dari A31 ini dirancang 3D Ergonomic Body, yang bodinya curve pada setiap sudutnya sehingga ponsel Oppo ini bisa nyaman saat digenggam.

Cek Harga Oppo A31 di Lazada dan di Shopee!

Kamera

Spesifikasi HP Oppo A31 pada kamera berkonfigurasi tiga lensa. Sebagai kamera utama beresolusi 12 MP, kemudian 2 MP untuk portrait serta 2 MO sebagai kamera makro.

Kamera makronya tersebut mampu memotret atau menangkap objek gambar dari jarak fokus minimal 4 centimeter. Namun untuk hasilnya tetap lebih tajam sampai ke detail terkecil.

Sementara untuk sensor kedalaman pada kamera yang ada di dalam perangkat ini, bisa menghasilkan lebih banyak potret menakjubkan.

Bukan hanya itu, HP Oppo A31 ini juga mempunyai beragam fitur kamera yang tidak berbeda jauh dengan smartphone Oppo kelas menengah, seperti portrait style terbaru serta dazzle color mode.

Untuk Dazzle Color Mode, memiliki kecanggihan algoritma dalam pemetaan-piksel, yang sangat membantu untuk menyempurnakan warna dari foto yang diambil.

Sementara di sektor depan dipasang lensa 8 MP yang bisa memuaskan para pecinta selfie. Pasalnya, kamera selfie dari perangkat ini sudah dibekali teknologi AI Beautification.

Fitur Lainnya

Selain spesifikasi HP Oppo A31 di atas, perangkat besutan vendor Tiongkok ini juga dibekali fitur yang menjanjikan dan canggih.

Sistem operasi atau OS dari Opoo A31 berbasis Android 9.0, dan menjalankan antarmuka ColorOS 6.1 dengan tampilan desain UI terbaru. Sehingga navigasi bisa lebih cepat dan lebih mulus.

Tidak ketinggalan dilengkapi pula Smart Assistance, Smart Riding Mode7, Swipe-Up Gesture Navigation sampai OPPO Cloud Service7.

Sementara untuk sensor keamanan, ponsel ini menggunakan sensor sidik jari yang dipasang di bodi belakang. sensor tersebut sangat responsif, yaitu 0,47 detik.

Sedangkan untuk harganya saat ini di toko online Indonesia seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, JD.ID, Blibli dan sebagainya, HP ini dibanderol Rp 2.599.000.

Dengan spesifikasi HP Oppo A31 seperti yang disinggung di atas, sepertinya smartphone ini layak untuk dipertimbangkan bagi yang ingin mengganti ponsel dengan yang baru. (Adi/R5/HR-Online)