Spesifikasi HP Oppo A91, Smartphone Kelas Menengah Kualitas Premium

Spesifikasi HP Oppo A91
Spesifikasi HP Oppo A91. Foto : net/ist

Spesifikasi HP Oppo A91 menjadi acuan bagi yang ingin memiliki smartphone asal China ini. Pasalnya, di dalamnya bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan HP Oppo A91.

Walaupun di Tanah Air sedang diserang wabah Covid-19, namun tidak menyurutkan Oppo untuk merilis smartphone terbarunya di Indonesia. Tercatat di bulan Maret 2020 ini, Oppo sudah melucurkan 3 produknya, yakni HP Oppo Find X2, Oppo Reno 3 serta terakhir seri A91.

HP Oppo A91 diluncurkan pertama kali secara global pada akhir tahun 2019. Dan kini, ponsel ini hadir di Indonesia.

Untuk harganya tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya, yaitu HP Oppo A9 (2020). Namun ada beberapa peningkatan dibandingkan dengan seri A9 tersebut.

Selain itu, spesifikasi HP Oppo A91 hampir sama dengan Reno3 yang terlebih dulu diboyong ke Indonesia.

Pihak Oppo sendiri bisa membaca apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, yang doyan membeli HP kelas menengah. Untuk itu, kehadiran dari seri A91 ini bisa mengobati kebutuhan konsumen di Tanah Air.

Namun apakah smartphone Oppo A91 ini bisa bersaing dengan sesama vendor asal China lainnya? Untuk menjawab hal tersebut, berikut ini ulasan tentang spesifikasi.

Spesifikasi HP Oppo A91

Seperti disinggung di atas, bahwa spek seri A91 tidak mirip dengan Reno3. Selain itu, harganya juga tidak terpaut jauh dengan A9 (2020) yang terlebih dulu hadir di Indonesia.

Walaupun seri A91 bukanlah smartphone unggulan dari Oppo, namun Oppo A91 membawa spek serta fitur yang lumayan tinggi, jika dibandingkan dengan seri Oppo yang lain.

Dari spek tersebut, A91 menawarkan banyak kelebihan dengan menghadirkan teknologi ponsel pintar terkini. Penasaran? Berikut ini detail spesifikasinya.

Layar

Spesifikasi HP Oppo A91 di bagian layar memiliki ukuran lebar yaitu 6,4 inci. Jika seri A9 (2020) membawa resolusi HD+, maka saudaranya ini sudah mengusung resolusi FHD+ (Full HD+).

Selain itu, layarnya itu berpanel AMOLED bukan lagi IPS LCD, yang tentunya bisa memenuhi kebutuhan multimedia.

Untuk aspek rasio layar mencapai 20:9, plus bagian depan atau displaynya ini dilindungi Corning Gorilla Glass 5 sebaga anti goresnya, serta terdapat notch tetesan air untuk menyimpan kamera depan.

Sayang, HP Oppo A91 ini tidak mendukung fiture refresh rate 90 Hz, layaknya HP premium model sekarang.

Jantung Pacu

Sementara spesifikasi HP Oppo A91 di sektor jantung pacu, mengandalkan chip MediaTek Helio P70.

Otaknya ini menjanjikan performa lebih kencang 10 %, serta menghemat daya 35 % daripada MediaTek Helio Helio P60.

Di bagian prosesornya dipadukan 4 inti Cortex-A53 serta 4 inti Cortex-A73, yang disandingkan dengan GPU atau grafis ARM Mali-G72.

Sedangkan sebagai pendukung performa, ditopang RAM berkapasitas 8 GB, yang dipadukan dengan penyimpanan internal 126 GB.

Namun, untuk penyimpanan tersebut bisa diperlebar dengan menggunakan slot eksternal atau MicroSD sampai 256 GB.

Kamera

Untuk spesifikasi HP Oppo A91 bagian fotografi bisa diandalkan. Kelebihan dari smartphone besutan vendor Tiongkok ini dibekali dengan 4 lensa di belakang.

Masing-masing lensanya antara lain 48 MP sebagai sensor utama, dengan bukaan f/1.7. Lensa utamanya ini bisa menghasilkan foto 12 MP spektakuler, berteknologi pemadatan piksel 4-in-1.

Kemudian lensa 8 MP sebagai sensor ultrawide dengan aperture f/2.2. Kamera 8 MP ini bisa mengambil gambar panorama atau lanskap, yang luasnya bisa mencapai 119 derajat.

Lalu dua lensa lainnya yaitu 2 MP (makro) bukaan f/2.4, serta sensor 2 MP (depth atau mono) dengan bukaan f/2.4. Sedangkan untuk kamera selfie beresolusi 16 MP.

Adapun fitur yang dibawa HP Oppo A91 pada sektor kameranya ini antara lain Night Portrait, AI Video Beautification, Portrait Bokeh Effects, sampai Portrait HDR.

Baterai

Spesifikasi HP Oppo A91 lainnya di sektor baterai berkapasitas 4000 mAh, yang sudah dilengkapi dengan fitur pengisian VOOC 3.0 20W.

Diklaim pihak Oppo, bahwa fitur pengisian ini bisa mengisi daya baterai 50 persen dalam waktu 30 menit. Atau pengisian selama 5 menit bisa dipakai sampai 2 jam berbicara.

Namun, baterai yang dipasang dsi seri A91 ini lebihkecil dari seri sebelumnya. Untuk di A9 (2020) ditanam baterai berkapasitas 5000 mAh.

Bodi

Untuk tampilan A91 terutama di bagian depan mirip dengan A9 (2020), dengan ciri notch tetesan air, serta bezel di dagu yang lumayan tebal.

Namun di bodi belakang terdapat perbedaan. Spesifikasi HP Oppo A91 di bodi belakang ini terpasang 4 lensa yang tersusun secara vertikal di bagian kiri atas, dan LED Flash dipasang di pinggir keempat kamera tersebut.

Sementara untuk dimensinya juga lebih tipis dari seri sebelumnya. Oppo A91 memiliki ukuran dimensi 160.2 x 73.3 x 7.9 mm, dengan berat 172 gram.

Sedangkan untuk bahan bodi atau casingnya, meski sudah dilindungi Gorilla Glass 5, namun bahan pada sasis serta cangkangnya masing memakai plastik.

Fitur

Di bagian keamanan, ponsel ini memakai sistem fingerprint (pemindai sidik jari) 3.0. Oppo mengklaim bahwa buka kunci dengan sidik jari ini bisa terbuka dengan cepat dan lebih aman.

Sayangnya di sistem oeprasi (OS) HP Oppo A91 masih berbasis Android 9.0 Pie, bukan versi terbaru Android 10. Sama pada antarmukanya juga masih ColorOS 6.1, belum ColorOS 7.0.

Spesifikasi HP Oppo A91 lainnya, sudah mendukung konektivitas seperti internet berjaringan 4G LTE, USB Type-C, OTG, Bluetooth 4.2 sampai jack audio 3,5 mm.

Sementara bagian warna tersedia dalam dua varian diantaranya Lightening Black serta Unicorn White.

Oppo A91 yang sudah tersedia sejak 24 Maret 2020 ini dibanderol dengan harga Rp 3.699.000, yang bisa diperoleh secara eksklusif di toko online Shopee.

Namun, harga tersebut bakal berubah setelah periode penjualan perdana selesai, yang dipatok dengan harga Rp 3.999.999.

Dengan harga sebesar itu, dirasa konsumen tidak bakal kecewa memiliki smartphone ini. Pasalnya, spesifikasi HP Oppo A91 yang sudah diulas di atas itu memiliki banyak kelebihan ketimbang kekurangannya. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...