Spesifikasi HP Realme 6 Series yang Baru Dirilis, Bawa Quad Camera dan Harga Terjangkau

Spesifikasi HP Realme 6 Series
Spesifikasi HP Realme 6 Series baik seri Realme 6 dan 6 Pro. Foto : androidpolice

Spesifikasi HP Realme 6 series yang baru saja dirilis layak dipertimbangkan. Pasalnya, sebelum resmi diluncurkan, bocoran spesifikasi dari HP Realme 6 series berseliweran di internet. Selain itu, smartphone besutan vendor asal China ini dikabarkan bakal segera melucur di Indonesia.  

Sebelum singgah di pasar ponsel Indonesia, HP Realme 6 series yang terdiri dari seri Realme 6 serta 6 Pro ini terlebih dulu dirilis di India, Kamis (5/3/2020) kemarin.

Sementara untuk sasaran pasarnya, Realme 6 dan 6 Pro menyasar kelas menengah ke bawah, karena dalam spesifikasi HP Realme 6 series ini menwarkan fitur high-end.

Realme memang terkenal dengan harganya yang miring. Meski begitu, sub brand dari Oppo ini tetap memberikan spek serta fitur yang tidak kalah dengan smartphone lain di kelasnya.

Jadi bisa rugi jika Anda tidak segera meminang ponsel Realme ini untuk kebutuhan atau aktivitas sehari-hari maupun bermain game.  

Market atau penjualan HP Realme di Indonesia memang sangat bagus, walaupun smartphone ini terbilang baru.

Terbukti dari penjualan HP Realme C3 yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia. Dalam waktu singkat ponsel pintar tersebut ludes terjual meski lewat online.

Pada penjualan perdana seri C3 ini, terjual habis hanya dalam waktu 30 detik saja. Trend positif penjualan Realme C3 juga berlanjut di online flash sale kedua yaitu pada 25 Februari.

Bisa jadi penjualan Realme 6 series juga bakal tokcer atau mengulang kesuksesan dari varian yang lainnya di Indonesia.

Detail Spesifikasi HP Realme 6

Realme 6 sendiri merupakan penerus dari seri 5. Sebagai penerus tentunya ada beberapa peningkatan dari segi spek atau fitur yang dibawanya.

Seperti pada layar, untuk HP Realme 6 memiliki ukuran 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel (Full HD Plus) dan aspek rasio 20:9.

Masih pada display, smartphone seri 6 tersebut mempunyai kemampuan refresh rate 90 Hz. Dengan begitu, layarnya ini memiliki tampilan yang lebih halus.

Sedangkan pada bagian notch untuk kamera depan, diletakkan di bagian kiri atas. Dan sebagai antigores-nya, dipasang Corning Gorilla Glass 3.

Kelebihan lainnya dari ponsel ini adalah sudah dibekali Splash resistant, yang diklaim bisa tahan terhadap percikan air, namun dalam kapasitas yang tidak terlalu tinggi.

Spesifikasi HP Realme 6 di sektor fotografi dipasang empat lensa di bagian belakang. Kamera yang dimilikinya ini merupakan salah satu dari kelebihan seri 6.

Sebagai kamera utamanya memiliki kekuatan 64 MP dengan bukaan f/1.8 (wide), kemudian lensa 8 MP bukaan f/2.3 sebagai ultrawide, lalu 2 MP (makro) serta terakhir 2 MP untuk monokrom. Sedangkan kamera depan beresolusi 16 MP.

Spesifikasi HP Realme 6 untuk bagian jantung pacu, dibekali dengan chip MediaTek G90T yang identik untuk bermain game.

Selain itu, pendukung performa yang handal tersebut dibantu oleh RAM berkapasitas 4 GB, 6 GB dan 8 GB. Sedangkan penyimpanan internal tersedia dalam 2 pilihan, 64 GB serta 128 GB.

HP Realme 6 juga dibenamkan baterai berkapasitas besar yakni 4300 mAh. Sudah didukung pengisian cepat 30 watt, yang diklaim bisa mengisi baterai sampai 40 persen dalam waktu 15 menit, atau 100 persen selama 55 menit.

Fitur lain dari seri 6 ini, sistem operasi atau OS berbasis Android 10.0, dan menjalankan antarmuka Realme UI.

Sedangkan untuk harganya, di India dibanderol mulai dari 12.999 rupee atau setara Rp 2,5 jutaan sampai 15.999 rupee kurang lebih Rp 3,1 jutaan.

Spesifikasi HP Realme 6 Pro

Seperti biasa, untuk yang memiliki embel-embel “Pro” bisa dipastikan speknya lebih unggul dari seri reguler, dan ttu yang terlihat dari HP Realme 6 Pro.

Sebagai bukti, dari layarnya saja untuk 6 Pro lebih lebih meski hanya 0,1 inci saja. Display-nya itu berukuran 6,6 inci dan bersolusi 1080 x 2400 piksel (FHD Plus).

Kesamaan dengan seri regulernya adalah diproteksi atau dibekali antigores Corning Gorilla Glass 3, serta sudah memiliki Splash resistant.

Sedangkan spesifikasi HP Realme 6 Pro untuk bagian kamera memiliki peningkatan, terutama di bagian depan.

Untuk seri yang satu ini, kamera selfienya ini dipasang dual lensa masing-masing 16 MP (wide) dengan bukaan f/2.1 dan 8 MP (ultrawide) aperture f/2.2.

Kamera depannya itu juga dipasang sensor dari Sony IMX471, sedangkan untuk yang 8 MP bisa mengambil objek gambar sampai seluas atau sudut 105 derajat.

Sementara bagian belakang dipasang quad camera yang sangat handal dan menjanjikan untuk yang hobi fotografi.

Pasalnya, untuk lensa utama dipasang resolusi 64 MP (wide), kemudian 12 MP (telephoto), lalu 8 MP (Ultrawide) dan 2 MP (lensa makro).

Kamera belakangnya itu juga sudah didukung UIS Max Stabilization, yang berguna untuk mengurangi goncangan ketika sedang merekam video saat bergerak.

Untuk otaknya, spesifikasi HP Realme 6 Pro dipersenjatai dengan chip Snapdragon 720G, yang didukung pula RAM berkapasitas 6 GB dan 8 GB. Sedangkan penyimpanan internal 64 GB serta 128 GB.

Fitur lainnya, OS berbasis Android 10.0 dan antarmuka Realme UI, kapasitas baterai 4300 mAh plus pengisian cepat 30W.

Dengan spesifikasi HP Realme 6 Pro yang lebih handal dari seri reguler, tentu smartphone ini dijual lebih mahal. Realme 6 Pro dipatok mulai dari 16.999 rupee atau kurang lebih Rp 3,2 jutaan sampai 18.999 rupee atau setara Rp 3,6 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...