Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaArtikelSpesifikasi HP Redmi 8A, Smartphone Murah Namun Spek Tidak Murahan

Spesifikasi HP Redmi 8A, Smartphone Murah Namun Spek Tidak Murahan

Spesifikasi HP Redmi 8A layak dipertimbangkan. Pasalnya, HP Redmi 8A ini selain harganya yang murah juga dibekali dengan spek dan desain yang mumpuni.

Kehadiran Redmi 8A yang berbarengan dengan seri 8 reguler di awal bulan Desember 2019 itu, memang sangat menarik perhatian di awal peluncurannya.

Meski menyatakan mandiri atau melepas logo Xiaomi awal tahun 2019 lalu, namun bukan berarti vendor asal China ini menciptakan produknya asal-asalan.

Malahan, Redmi setelah menjadi brand tersendiri dengan gesitnya, merilis berbagai produk ponsel pintar dengan spek yang tidak main-main.

Walaupun diluncurkan bersamaan dengan Redmi 8, namun spesifikasi HP Redmi 8A lebih rendah dari saudaranya itu.

Seperti diketahui bahwa seri yang dilabeli A, biasanya perangkat itu memiliki spek yang lebih rendah dari versi regulernya.

Akan tetapi, untuk Redmi 8A masih lebih unggul dan mengalami perbaikan dari generasi sebelumnya yakni Redmi 7A, yang laku dipasaran.

Sebagai contoh yang paling dominan kelebihannya dari seri sebelumnya adalah di bagian ukurannya yang lebih lebar, serta penempatan kameranya.

Spesifikasi HP Redmi 8A

Meski bukan termasuk ponsel baru, akan tetapi Redmi 8A ini layak dipertimbangkan. Karena, smartphone tersebut tidak menguras isi kantong serta memiliki spek yang baik di kelasnya.

Mengambil dari situs resmi Redmi, bahwa harga seri 8A yang merupakan HP Kece Baterai Gede itu, saat ini dibanderol Rp 1.349.000.

Lantas bagaimana dengan spesifikasi yang dibawanya? Berikut ini ulasannya

Layar

Apabila melihat bagian depan, hampir tidak ada yang dapat membedakan Redmi 8 dengan 8A.

Hal tersebut dikarenakan, dua ponsel Redmi itu mempunyai bentuk layar yang tidak berbeda. Seperti penempatan logo Redmi yang dipasang di bawah diantara bezel, serta notch untuk kamera selfie yang dipasang di atas bagian tengah. 

Spesifikasi HP Redmi 8A untuk bagian display-nya ini memiliki ukuran 6,22 inci, dengan resolusi 720 x 1520 piksel (HD+).

Selain aspek rasio layarnya 19:9, smartphone Redmi ini juga sudah diproteksi Corning Gorilla Glass 5, sebagai lapisan anti-goresnya. Sementara untuk panel layarnya masih tipe IPS LCD.

Layar pada Redmi 8A juga memiliki cahaya biru yang rendah, hal itu dikarenakan adanya fitur Reading Mode yang bisa mengurangi radiasi sinar biru sampai 20 persen.

Cahaya biru tersebut berbahaya untuk mata, sehingga dengan begitu layarnya ini bisa melindungi mata pengguna.

Dengan kata lain seri 8A tersebut mendukung penyesuaian suhu warna, dengan disediakan mode standar serta membaca. Selain itu juga mendukung mode malam serta siang.

Selain spesifikasi HP Redmi 8A di bagian layarnya tersebut, terutama di saat pertama menyalakan ponsel, antarmukanya sangat keren.

Hal itu disebabkan karena adanya MIUI Global 11, dengan menyediakan beragam fitur menarik seperti  ambient display serta Dark Mode. 

Baterai Besar

Spesifikasi HP Redmi 8A di sektor baterai tidak perlu diragukan lagi. Ya, seri penerus dari Redmi 7A ini baterainya berkapasitas jumbo, yakni 5000 mAh.

Kapasitas baterai yang dimiliki Redmi 8A itu 25 persen lebih tinggi daripada generasi sebelumnya.

Selain baterainya besar, ponsel asal Tiongkok ini juga memiliki fitur fast charging atau pengisian daya dengan cepat 18 watt (9V/2A) dan teknologi Quick Charge TM 3.0. Sedangkan pengisian daya bawaannya 10 watt.

Diklaim pihak Redmi, bahwa dengan baterainya yang super jumbo ini mampu bertahan sampai 31 hari dalam keadaan standby.

Sementara untuk memutar lagu bertahan sampai 7,5 hari, melakukan panggilan sampai 42,5 jam, memutar video bertahan sampai 16,5 jam, serta navigasi jalan 16,5 jam.

Untuk memaksimalkan baterainya, Redmi memakai teknologi AI yang bisa memanajemen mode hemat daya, daya dinamis, alokasi tugas pintar serta kontrol peluncuran aplikasi.

Spesifikasi HP Redmi 8A Sektor Performa

Sementara itu, di sektor performanya, HP ini dibekali dengan chip Qualcomm Snapdragon 439 fabrikasi 12 nm, dengan CPU Octa-core 2,0 GHz; 8x ARM Cortex A53 serta GPU atau grafis Andreno 505.

Kemampuan dari jantung pacunya ini hampir menyamai dari kinerja prosesor Snapdragon 625 versi lamal. Sehingga prosesornya ini bisa mengirit daya baterai.

Sedangkan di bagian RAM sebagai penopang dari performa Redmi 8A, tidak terlalu besar hanya 2 GB. Namun dengan RAM sebesar itu bisa digunakan mengoperasikan berbagai aplikasi atau pun game yang sedang.

Untuk penyimpanan internalnya berkapasitas 32 GB, ya masih bisa dikatakan standar dan mumpuni. Jangan khawatir, karena masih bisa diperlebar dengan memakai slot memori eksternal.

Kamera

Sementara untuk spesifikasi HP Redmi 8A di sektor kamera, memang untuk ponsel kelas entry-level sering dipandang sebelah mata terkait dengan kualitasnya.

Untuk di bagian depan, dipasang kamera berkekuatan 8 MP dengan bukaan f/2.0. Sedangkan sebagai pendukung selfie, dibekali juga fitur AI beauty 4.0, pendeteksi wajah, serta efek bokeh.

Meski dalam keadaan cahaya yang minim, namun Redmi 8A bisa menghasilkan foto yang bagus. Hal itu dikarenakan dengan mensiasati flash dari cahaya layar.

Sementara di bagian belakang ditanam lensa tunggal beresolusi 12 MP, bukaan f/1.8. Meski berbekal kamera tunggal, namun kualitasnya jangan diragukan.

Pasalnya, untuk yang ingin mengambil foto di luar ruangan atau cahaya yang maksimal, tetap bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik.

Selain itu, tersedia juga teknologi HDR atau High Dynamic Range, yang membuat hasil tangkapan gambar dengan luminosity lebih baik.

Bukan hanya itu, dengan adanya Dual-Pixel PDAF juga bisa membantu proses pengambilan gambar. Fitur tersebut mampu menyesuaikan fokus baik itu jarak dekat atau jauh dengan hasil yang lebih baik.

Selain spesifikasi HP Redmi 8A terutama di sektor kamera yang disinggung di atas, seri ini juga memiliki fitur Mode potret AI, Pengenalan wajah, AI beatutify 4.0 serta
Deteksi kejadian AI.

Desain

Walaupun dibanderol murah dan masuk dalam kelas low-end, tapi penampilan Redmi 8A tidak lah murahan.

Smartphone besutan Redmi tersebut tampilannya malah kelihatan keren dan jauh dari kesan murahan. Hal itu terlihat dari lengkungan 3D, ergonomis, serta warna matte yang elegan.

Dengan adanya warna matte tersebut, membuat HP Redmi 8A ini terlihat bebas dari kotoran seperti bekas jari tangan. Serta nyaman saat digenggam karena adanya lengkungan 3D.

Spesifikasi HP Redmi 8A pada bagian dimensinya berukuran 156.5 x 75.4 x 9.4 mm, dengan berat 188 gram.

Sedangkan untuk warna yang tersedia antara lain pilihan Ocean Blue, Sunset Red, serta Midnight Black. Dari ketiga warna itu, di bagian tengah terdapat stripe vertikal dengan tulisan Redmi serta Designed by Xiaomi.

Spesifikasi HP Redmi 8A lainnya, untuk membuka kunci ponsel ini menggunakan pemindai wajah AI, serta OS sudah berbasis Android Pie 9. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -