Pentingnya Strategi Pemasaran Produk dan Promosi di Instagram

Pentingnya Strategi Pemasaran Produk dan Promosi di Instagram
Pentingnya strategi pemasaran produk dan promosi di instagram. Foto:Ist/Net

Strategi pemasaran produk secara online belakangan makin banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis. Hadirnya internet telah membuat strategi pemasaran online sebagai bagian penting yang tidak boleh dilewatkan.

Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih telah menjadikan internet sebagai dunia ‘baru’ yang sangat menarik. Dunia maya seakan menjadi cermin dari sekeping mata uang yang dirasakan semakin melengkapi.

Melalui internet inilah para pengguna bisa saling berbagi informasi dengan sangat cepat. Dampak musibah virus Corona yang mendunia karena distribusi informasi yang sangat cepat melalui internet.

Jika Anda adalah pelaku bisnis yang memahami pentingnya saluran informasi dan bagaimana informasi didistribusikan pastinya akan menerapkan strategi pemasaran produk melalui internet secara optimal.

Media sosial merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat populer di dunia maya. Apalagi dengan makin murahnya harga smartphone yang menyediakan fitur internet dan media sosial membuat komunikasi via internet makin masif.

5 Langkah Strategi Pemasaran Produk Melalui Instagram

Facebook dan Instagram saat ini menjadi aplikasi jejaring sosial terbesar dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Kedua media sosial yang telah berada dalam satu manajemen ini berperan snagat penting dalam pemasaran online.

Jika Anda termasuk pelaku bisnis online, Anda sudah seharusnya memanfaatkan dan mengoptimalkan strategi pemasaran produk Anda khususnya melalui Instagram atau IG.

Instagram merupakan media jejaring sosial yang dapat berbagi foto dan video secara online lewat ponsel. Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone android maupun iphone yang juga terbanyak penggunanya di dunia.

Namun sebagai media berbagi foto dan video, bukan perkara mudah melakukan promosi di Instagram. Berikut ini beberapa langkah penting jika anda ingin mempromosikan melalui media sosial ini.

  1. Buat Akun Bisnis Instagram

Langkah pertama dalam strategi pemasaran produk di medsos ini adalah membuat akun bisnis Instagram. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam membangun branding sesuai produk yang akan Anda jual.

Jika Anda ingin menjual tas, maka buat brand nama instagram yang sesuai dengan produk tas. Dengan branding yang tepat akan memudahkan para pengguna dan follower Anda dalam menemukan dan memilih barang yang diinginkan.

2. Gunakan Foto Yang Menarik

Instagram merupakan media visual untuk berbagi foto dan video. Karena itu Anda perlu menggunakan foto-foto dari produk Anda yang menarik. Kunci sukses strategi pemasaran produk di Instagram adalah foto yang artistik dan unik.

Anda tak perlu menggunakan kamera cangih untuk memotret foto produk Anda dengan hasil yang indah dan menarik. Gunakan saja kamera smartphone dengan resolusi di atas 10 MP. Atur juga pencahayaannya agar artistik.

3. Gunakan Fitur Hashtag

Sama dengan twitter, Instagram juga memiliki fitur hashtag yang bisa mendongkrak bisnis anda semakin terkenal dengan cepat dan mudah. Buat beberapa hashtag yang langsung terhubung dengan kata kunci yang banyak dicari pengguna.

Jika produk Anda tentang tas wanita, Anda bisa menyertakan hashtag seperti #TasWanitaModern atau #TasUnik dan lainnya. Gunakan hashtag dalam setiap postingan Anda dan sebarkan.

4. Update Postingan Terbaru Secara Berkala

Langkah strategi pemasaran produk yang tak kalah penting lainnya adalaj melakukan postingan secara berkala. Posting foto terbaru yang selalu diupdate akan membuat follower dan calon konsumen anda tidak lari dan tertarik dengan produk anda.

5. Gunakan Selebgram Sebagai Model Iklan

Untuk memperagakan produk Anda agar lebih riil and tentu membutuhkan model iklan. Jika budget promosi Anda besar, anda bisa memanfaatkan selebgram sebagai model iklan anda.

Tak sedikit produk yang sukses menjual di Instagram memanfaatkan selebgram sebagai model sekaligus media promosi. Buat kesepakatan agar produk Anda menjadi bagain gaya hidup dan konten di akun sang selebgram.

Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menerapkan dan mengoptimalkan strategi pemasaran produk Anda di Instagram untuk mendongkrak penjualan sekaligus membangun branding. (R9/HR Online)

Loading...