Suzuki Gixxer SF Meluncur di India Namun Tidak Diminati di Indonesia, Mengapa?

Suzuki Gixxer SF
Motor Suzuki Gixxer SF. Foto: Ist/Net

Suzuki Gixxer SF sebelumnya telah resmi diperkenalkan di India. Selanjutnya akan langsung diluncurkan ke beberapa kawasan lainnya. Diperkirakan motor keluaran Suzuki ini akan diluncurkan di Indonesia.

Namun ada beberapa pihak yang mengungkapkan bahwa spesifikasinya tidak cocok. Apa yang membuatnya tidak cocok? Kemudian bagaimana spesifikasi dari keluaran Suzuki ini?

Hal tersebut tentunya membuat penasaran banyak pihak. Apalagi keluaran terbaru dari Suzuki ini baru saja diluncurkan di India. Simak penjelasan berikut ini.

Suzuki Gixxer SF Tak Diminati Konsumen Indonesia, Mengapa?

Pembaruan terkait dengan teknologi otomotif tentunya sudah menjadi hal yang pasti terjadi. Jika tidak terdapat pembaruan, maka produk tersebut tidak mampu mengikuti perkembangan zaman.

Begitupun dengan produk otomotif keluaran Suzuki. Sebenarnya tidak hanya Suzuki saja, tetapi juga produsen yang lainnya.

Untuk itu, banyak produsen yang mulai mengembangkan produknya. Peningkatan mutu dan kualitas juga perlu dilakukan. Apalagi kini permintaan konsumen memiliki standar yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Kini Suzuki telah meluncurkan produk terbarunya. Tidak lain adalah Suzuki Gixxer SF. Produk ini sudah mendarat di kawasan India.

Diperkirakan produk Suzuki ini juga akan mendarat di Indonesia. Namun pendapat yang lainnya adalah produk ini kurang diminati. Alasannya adalah konsumen Indonesia sudah memiliki standar tersendiri yang lebih tinggi.

Hal ini tentunya membuat produk dari Suzuki ini kurang diminati. Sebab, jika dilihat dari spesifikasinya memang kurang menarik.

Hal ini bisa langsung dilihat dari penggunaan silinder pada motor tersebut. Motor dari pabrikan Suzuki tersebut ternyata menggunakan 1 jantung silinder. Padahal kini sudah banyak motor yang menggunakan 2 jantung silinder.

Hal ini masih dalam status prediksi. Sehingga belum dapat diketahui secara jelas bagaimana tanggapan masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, sudah jelas bahwa perlu ada peningkatan pada Suzuki Gixxer SF.

Spesifikasi Gixxer SF

Selain Suzuki, tentunya ada beberapa vendor yang juga meluncurkan produk terbarunya. Diantaranya adalah Yamaha dan juga Honda. Keduanya juga merupakan kompetitor yang perlu diwaspadai.

Beberapa pembaruan terkait dengan otomotif sudah dilakukan oleh setiap vendor. Tidak heran jika beberapa produk otomotif dari kedua vendor tersebut diminati banyak orang.

Gixxer SF yang diluncurkan oleh Suzuki memang hanya dibekali dengan satu silinder saja. Padahal keluaran Suzuki ini masuk dalam kategori motor sport yang sangat menarik. Jika dilihat secara keseluruhan, beberapa motor sport telah dibekali dengan 2 silinder.

Diantaranya adalah Honda CBR 250RR, lalu Kawasaki Ninja 250. Bahkan Yamaha R25 pun menggunakan 2 jantung silinder.

Tidak heran jika memang konsumen otomotif di Indonesia kurang berminat pada keluaran Suzuki Gixxer SF tersebut.

Kini ditambah lagi dengan beberapa komponen yang akan diperbarui. Meskipun Gixxer SF laku di pasaran India, namun hal tersebut belum tentu terjadi di Indonesia.

Kini konsumen di Indonesia juga sudah paham dengan mutu dan kualitas. Begitupun dengan performa yang diberikan. Semakin berkualitas, tentunya harga yang ditawarkan juga semakin mahal.

Berbicara mengenai harga, tentunya harga terjangkau masih menjadi prioritas. Namun bagaimana dengan kualitasnya? Tentunya banyak orang yang memburu kualitas terbaik.

Motor Suzuki Gixxer SF

Jika dilihat dari spesifikasinya, Gixxer SF ini tidak terlalu rendah. Bahkan kualitas yang diberikan pun tidak mengecewakan sama sekali. Hanya saja, tingkatannya masih rendah.

Hal ini dapat dilihat dari jantung silindernya. Meskipun hanya berjumlah satu yaitu 249 cc SOHC, namun torsi yang dihasilkan lumayan. Kurang lebih sekitar 22,6 Nm dan juga 26,1 tk.

Kemudian beralih ke transfer daya yang dihasilkan, Suzuki Gixxer SF ini telah menggunakan transmisi manual dengan 6 percepatan. Hal ini membuktikan bahwa produk keluaran Suzuki tidak mengecewakan.

Meskipun begitu, hal yang memang harus diperhatikan adalah minat masyarakat. Produk yang diluncurkan tentunya memiliki target pasaran. Jika target tidak berminat, maka produk tidak akan laku.

Apalagi memang pada dasarnya produk tersebut tidak menarik minat konsumen. Hal ini memang disebabkan oleh permintaan masyarakat yang semakin naik. Spesifikasinya pun lebih berstandar.

Terlebih lagi banyak vendor yang mulai meluncurkan produk yang lebih menawan. Untuk itu, Suzuki Gixxer SF ini memang tidak cocok diluncurkan ke Indonesia. Sebab, spesifikasinya belum sesuai dengan keinginan konsumen. (R10/HR-Online)