Tablet Murah Samsung Galaxy Tab S6 Lite Bawa Spek Menggoda

Tablet Samsung Murah Galaxy Tab S6 Lite
Tablet murah Samsung Galaxy Tab S6. Foto : net/ist

Tablet murah Samsung yaitu Galaxy Tab S6 Lite sebentar lagi akan dirilis. Tablet murah ini merupakan versi murah atau Lite dari Galaxy Tab S6, yang dirilis Agustus 2019.

Tentu dengan harga yang lebih murah ini, maka spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite lebih rendah dari Tab S6, meski ada beberapa kemiripan dari tablet flagship besutan Korea Selatan.

Adapun bocoran kehadiran tablet murah Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini diungkap oleh Android Headlines belum lama ini. Bocoran spek itu menjadi bahan perbincangan, karena tidak sedikit yang penasaran seperti apa jeroannya.

Sementara dikutip dari Engadget serta GSM Arena, Tab S6 Lite itu kemungkinan bakal mulai dipasarkan minggu depan.

Dari bocoran tersebut, Galaxy Tab S6 Lite ini bagian bodinya menggunakan bahan metal dengan dukungan stylus. Dengan bodi seperti itu, maka gadget ini lumayan menarik, meski harga yang ditawarkan lebih murah dari versi aslinya.

Spek Tablet Murah Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Terkait bocoran dari Samsung Galaxy Tab S6 Lite, tablet murah ini pada bagian otaknya tidak menggunakan Snapdragon 855 seperti yang dipakai oleh Galaxy Tab S6 reguler.

Namun, prosesor yang diandalkan oleh tablet ini adalah Exynos 9611. Meski begitu, prosesor tersebut sama yang sering digunakan pada smartphone kelas menengah dari Samsung.

Sedangkan untuk RAM berkapasitas 4 GB, yang disandingkan dengan internal memori sebesar 64 GB. Akan tetapi ada juga bocoran yang menyebutkan bahwa tablet murah Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini juga membawa ROM 128 GB.

Sementara sistem operasi atau OS, tablet versi Lite ini sudah berbasis Android 10, dan menjalankan antarmuka One UI 2.1.

Dikabarkan juga akan disediakan S Pen untuk memudahkan mengoperasikan tablet murah ini. Namun, untuk pengisian nirkabel buat S Pen itu tidak ada informasi lebih jauh.

Akan tetapi, besar kemungkinan Tab S6 Lite bakal mendukung fitur itu. Sebab, S Pen pada tablet versi murah ini mempunyai desain yang lebih tebal, apabila dikomperasikan dengan S Pen seri Galaxy Note.

Sayangnya, untuk bagian kamera, baterai serta ukuran layar belum ada informasi lebih jauh. Tapi jika melihat dari versi regulernya, dibekali dual kamera belakang, 13 MP dan 5 MP. Sedangkan kamera depan 8 MP.

Sementara untuk layar Samsung Galaxy Tab S6 reguler berukuran 10,5 inci, berpanel Super AMOLED, dan resolusinya mencapai 1600 x 2560 piksel.

Sedangkan baterainya berkapasitas 7040 mAh Non-removable Li-Po, dan sudah mendukung fitur Fast battery charging 15W.

Nah untuk harganya memang belum dipastikan, namun dari bocoran ada informasi bahwa tablet murah Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini bakal dibanderol USD399 atau sekitar Rp 5,6 jutaan.

Sebagai perbandingan, harga dari Samsung Galaxy Tab S6 (reguler) ketika awal peluncuran dibanderol Rp 12,99 jutaan.

Tablet Murah Samsung Lainnya

Selain Galaxy Tab S6 Lite, Samsung juga pernah merilis tablet murah lainnya. Seperti Samsung Galaxy Tab A 2019.

Untuk tablet yang menyasar pasar anak sekolah tersebut tiba di pasar ponsel Tanah Air pada bulan November 2019.

Samsung Galaxy Tab A 2019 memiliki layar berukuran 8 inci dengan panel WXGA TFT, serta beresolusi 1280 x 800 piksel. Visual dari layarnya itu terbilang jernih, sehingga sangat membantu prospek belajar siswa.

Tablet murah Samsung juga dibekali dengan dapur pacu chipset Qualcomm Snapdragon 429 (Quad berkecepatan 2.0 GHz), dengan grafis atau GPU Adreno 504.

Sedangkan RAM berkapasitas 2 GB, yang dibantu oleh internal memori sebesar 32 GB. Penyimpanannya ini dapat diperlebar dengan memakai slot microSD hingga 512 GB.

Sektor fotografi, Galaxy Tab A 2019 ini menyematkan kamera tunggal bersolusi 8 MP (AF), serta  dan satu lensa untuk kamera selfie 2 MP. Sementara kapasitas baterainya 5,100 mAh.

Untuk harga dari tablet murah Samsung Galaxy Tab A 2019 ini saat pertama hadir di Tanah Air dijual dengan harga Rp 1,999 juta. (Adi/R5/HR-Online)