Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisTak Diberi Uang Transport, Warga Sindangrasa Ciamis Kecewa Ikuti Reses Anggota Dewan

Tak Diberi Uang Transport, Warga Sindangrasa Ciamis Kecewa Ikuti Reses Anggota Dewan

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sejumlah warga di Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengaku kecawa mengikuti undangan reses anggota DPRD Provinsi dari Partai Gerindra, karena setelah selesai tidak diberi uang trasnport.

Seperti diungkapkan Yoyoh, warga yang juga Kader Posyandu, bahwa biasanya ketika ada undangan untuk mengikuti reses anggota dewan, baik kabupaten, provinsi, maupun pusat, selalu ada uang transport bagi peserta yang hadir.

“Saya hadir dalam reses yang dilakukan Hj. Tina Wiryawati dari Partai Gerindra hanya menerima snack saja, padahal ketika ada anggota dewan yang lain mengadakan reses, selain dikasih snack, pulangnya ada buat transport, tapi ini tidak ada,” ungkapnya, kepada HR Online, Jum’at (06/03/2020), usai mengikuti reses tersebut.

Yoyoh juga mengaku kalau dirinya sering mengikuti dan hadir dalam acara reses yang dilakukan anggota dewan, dan hampir semuanya memberikan uang kadeudeuh bagi peserta yang hadir. Tapi, reses kali ini berbeda karena peserta hanya menerima snack.

“Itu yang membuat kami sebagai peserta reses kecewa. Padahal saya dan warga lain waktu hadir itu meninggalkan pekerjaan, dengan harapan bisa ada ganti penghasilan dari mengikuti reses tersebut. Saya sudah berharap, ternyata tidak ada. Saya menghadiri reses itu pukul 07-30 sampai 11-30,” jelasnya.

Yoyoh juga mempertanyakan, jika memang menurut aturan ketika reses anggota dewan tidak boleh memberikan uang transport kepada peserta yang hadir, kenapa anggota dewan yang lain setelah reses selalu memberikan.

Seharusnya, anggota dewan yang lain pun tidak memberikan. Karena reses merupakan suatu keharusan anggota dewan dalam menampung aspirasi warga.

“Menampung aspirasi dan merealisasikan keinginna warga itu merupakan keharusan anggota dewan, sebab mereka jadi karena dipilih rakyat. Namun, warga juga jangan dijadikan alasan untuk meraup keuntungan sendiri, yang jelas kami kecewa,” tandas Yoyoh.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Ciamis, Pipin Arip Apilin, ketika dikonfirmasi HR Online, membenarkan jika dirinya pun ikut hadir dalam kegiatan reses tersebut. Namun, ada dan tidaknya uang transport kepada peserta, dirinya tidak mengetahui karena bukan kewenangannya. Dirinya hanya turut hadir untuk ikut memantau kegiatan.

“Saat reses tersebut, Hj. Tina menampung semua aspirasi warga untuk bisa direalisasikan, bahkan ketika perwakilan Karang Taruna mengajukan keinginan meminta lapang tenis meja, dia langsung memberikan bantuan. Namun, permintaan warga yang mengharuskan anggaran besar, nantinya akan didorong supaya mendapatkan,” terang Pipin. (es/R3/HR-Online)

- Advertisment -