Tanda Komputer Terkena Spyware, Dari Performa Lambat Sampai Webcam Nyala Sendiri

ilustrasiTanda Komputer Terkena Spyware
Ilustrasi tanda komputer terkena spyware. Foto : cognussys.com

Tanda komputer terkena spyware memang jarang yang tahu. Terlebih untuk orang awam, komputer yang terkena spyware tentu sangat sulit diketahui tanda-tandanya.

Biasanya, spyware sengaja dimasukkan ke komputer baik PC atau laptop untuk hal yang negatif, seperti meretas atau hack dengan cara menyusup lalu mencuri data yang ada di dalamnya.

Salah satu tanda yang sering terjadi ketika komputer ada yang menyusup atau terinfeksi spyware, adalah tanda disadari ada iklan yang tiba-tiba muncul.

Selain itu, saat peretas menyusup dengan melalui spyware ini, maka mendadak baterai yang ada di laptop menjadi cepat terkuras, kemudian menjadi lambat kaya keong dan sebagainya.

Jika sudah begitu tentu akan menjadi kerugian bagi yang terinfeksi, baik itu performa komputer menjadi lelet sampai data yang ada di dalam diembat oleh hacker.

Tanda Komputer Terkena Spyware

Memang sebuah kerugian besar jika ada penyusup yang tanpa disadari masuk ke dalam sistem komputer Anda.

Tujuan utama dari hacker ini adalah mengambil data. Terlebih jika komputer itu milik perusahaan besar, yang ujung-ujungnya data tersebut harus ditebus.

Sebagai pengingat serta untuk mewaspadai, berikut ini HR Online mengulas tanda komputer terinfeksi spyware, yang dirangkum dari Fine Finders belum lama ini.

Performa Komputer jadi Lambat

Tidak perlu curiga jika laptop atau PC milik Anda yang lama, bahkan sudah lama tidak diinstal ulang sistemnya menjadi lambat saat digunakan.

Namun beda halnya dengan komputer baru yang juga pasti sistem operasinya juga baru, tapi tiba-tiba performanya menjadi lambat kaya keong. Tentu itu harus dicurigai.

Pasalnya, salah satu tanda komputer terkena spyware adalah laptop atau PC tersebut, performanya menjadi sangat lambat.

Bisa jadi, dengan adanya tanda seperti itu maka komputer Anda terkena malware atau spyware, seperti virus jahat trojan horse atau worm.

Lantas bagaimana caranya malware atau virus jahat itu bisa masuk ke dalam sistem komputer? Laptop atau PC yang terinfeksi malware bisa disebabkan karena software yang yang diunduh.

Salah satu kepintaran dari hacker, yaitu kadang-kadang mereka menyamarkannya sebagai program atau aplikasi resmi yang dipasang di internet.

Jika software yang mengandung malware tersebut sudah diinstal di komputer, maka dampak buruknya adalah kemampuan dari prosesor menjadi terkuras habis, dan itu membuat performa komputer menjadi lelet.

Aplikasi Sering Crash

Tanda komputer terkena spyware lainnya adalah program sering crash atau bermasalah. Rusaknya program pada laptop atau PC disebabkan oleh hacker.

Jadi, penjahat syber ini mencari celah untuk masuk dan kemudian mengambil data. salah satu caranya yaitu dengan memasukkan kode-kode tertentu ke dalam aplikasi atau program.

Sehingga dengan rubahnya kode pada program tersebut, akibatnya program menjadi tidak bekerja dengan baik, seperti crash atau error.

Disarankan jika tanda komputer terkena spyware seperti itu, maka lebih baik segera merubah kata sandi, baik itu pada Gmail, Facebook atau layanan lainnya.

Di Komputer Muncul Program Tidak Dikenal

Malware atau sejenisnya merupakan salah satu cara yang sangat lazim untuk memata-matai Anda dari jarak jauh dengan perantara komputer.

Sehingga, Anda harus rutin untuk mengecek program yang diinstal di komputer. Pasalnya, kadang-kadang peretas memasukkan program secara sembunyi.

Atau, bisa juga ada program yang muncul tidak dikenal karena terpasang ketika Anda tengah mencoba menginstal sesuatu di bundleware.

Apabila muncul program tidak dikenal dan terlihat mencurigakan, itu merupakan tanda komputer terkena spyware. Langkah mudah adalah dengan mengunisntal atau dihapus programnya.

Berubahnya Tampilan Laman Utama Browser

Internet merupakan perantara terbaik bagi para peretas atau penjahat syber. Karena, mereka dengan mudah menyusup dan tanpa diketahui oleh orang lain terlebih orang awam.

Salah satu tanda komputer terkena spyware yang disusupi oleh hacker, adalah pada laman utamanya terutama tampilan browser mendadak berubah.

Apabila ketika Anda menjalankan salah satu browser baik itu Mozilla, Chrome, Opera, Microsoft Edge atau lainnya, tampilannya berbeda dari biasanya, sebaiknya dicurigai.

Berubahnya tampilan browser itu, ketika pertama kali membuka maka Anda tiba-tiba diarahkan ke sebuah situs yang asing, karena belum pernah mengunjungi web tersebut.

Biasanya, laman utamanya adalah menuju ke situs Adobe Flash Player ilegal, yang di dalamnya Anda harus menginstal program tersebut.

Jika sudah seperti itu, maka bisa dikatakan bahwa laptop atau PC Anda terinfeksi salah satu melaware atau virus.

Bukan hanya itu saja, tanda komputer terkena spyware lainnya pada browser mendadak muncul iklan yang tidak sedikit.

Iklan tidak dikenal itu, bisa jadi muncul karena tanpa disadari dan tidak sengaja Anda mengklik banner iklan yang ada di browser.

Jadi, iklan pada banner itu bisa menginfeksi PC Anda karena di dalamnya ada virus yang bakal memunculkan iklan, serta plug-in pada layar yang tidak diketahui oleh Anda.

Iklan atau plug in tersebut bukan hanya mengganggu, namun juga bisa menjadi salahs atau celah agar hacker masuk yang kemudian mengambil data Anda.

Baterai Laptop Cepat Habis

Tanda komputer terkena spyware lainnya adalah mendadak baterai laptop cepat habis atau menjadi boros.

Itu bisa disebabkan karena saat program yang tidak dikenal itu berjalan pada latar belakang di laptop Anda yang tengah menyala, maka software itu beroprasi dengan memakai kemampuan prosesor utama.

Umumnya, software yang ada virus di dalamnya itu sering aktif sendiri tanpa disadari oleh pemilik laptop. Sehingga dengan begitu akan menguras baterai dan cepat habis serta cepat panas.

Tanda komputer terkena spyware terutama pada laptop itu bukan hanya menghabiskan daya baterai, namun juga bisa menjadi celah masuknya hacker dengan melakukan cryptomining, yaitu melalui perantara prosesor pada laptop yang sudah terinfeksi virus.

Kasus lainnya pada laptop yang terinfeksi malware atau spyware tidak hanya baterai yang menjadi tandanya, melainkan pula webcam mendadak menyala serta merekam sendiri.

Tanda seperti itu seperti dalam film-film tentang pada hacker. Jadi peretas ini dapat memata-matai Anda dengan melalui webcam.

Sehingga, jika tanda komputer terkena spyware seperti itu, sebaiknya webcam pada laptop tersebut ditutup dengan menggunakan lakban, serta jangan lupa merubah kata sandi. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...