Tangkal Virus Corona, Pegawai Setda Ciamis Berjemur

Tangkal Virus Corona, Pegawai Setda Ciamis Berjemur
Para pegawai sekretariat daerah (Setda) kabupaten Ciamis berjemur dibawah sinar matahari sebelum masuk kantor. Foto:Fahmi/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat kabupaten Ciamis agar terhindar dari virus corona atau covid-19. Contohnya, para pegawai sekretariat daerah (Setda) kabupaten Ciamis sebelum masuk kantor harus berjemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari. 

Kabag Humas Setda Ciamis Ani Supiani membenarkan kegiatan berjemur yang dilakukan para ASN di Setda Ciamis. Kata dia, sebelum masuk kerja, para pegawai Setda kabupaten Ciamis diwajibkan berjemur terlebih dahulu selama 15 menit.

Pihaknya meyakini berjemur dibawah sinar matahari pagi banyak manfaatnya, salah satunya menangkal virus corona. 

“Sinar matahari pagi menghasilkan sinar (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitaminnya dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf,” ujar Ani Jumat (27/03/2020). 

Menurutnya, sinar matahari pagi sebelum jam 10.00 WIB, sangat baik dan bisa jadi cara ampuh menangkal berbagai virus penyebab penyakit. Maka dari itu, pihaknya mengajak kepada seluruh intansi ataupun masyarakat kabupaten Ciamis agar rutin berjemur di pagi hari, selain sehat juga bisa menangkal virus corona.

“Kita tahu Covid-19 penyebarannya sangat cepat apalagi ketika imunitas badan kita lemah, agar imunitas meningkatkan saya sarankan untuk berjemur,” pungkasnya. (Fahmi/R8/HR Online)