Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisTebing di Pinggir Jalan Panawangan Ciamis Ambruk, Bahayakan Pengendara

Tebing di Pinggir Jalan Panawangan Ciamis Ambruk, Bahayakan Pengendara

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Tebing  jalan Kabupaten yang berada di Dusun Mekarjaya Desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk dan longsor tergerus air hujan.

Ketua BPD Desa Sagalaherang, Rusmana membenarkan adanya kejadian tersebut, Sabtu (14/3/2020). Kata dia, tebing jalan Kabupaten yang ambruk tersebut memiliki ketinggian lebih dari 5 meter dan panjang kurang lebih 10 meter.

“Ya tebing tersebut ambruk tergerus air hujan yang terjadi beberapa hari lalu,” katanya kepada HR Online.

Untuk mengantisipasi agar tanah yang ambruk tidak semakin meluas, warga berinisiatif menghalanginya dengan tumpukan tanah. Sehingga apabila turun hujan, luapan air di badan jalan tidak langsung membanjiri titik yang dianggap rawan longsor.

“Selain itu, agar para pengendara kendaraan bermotor dan pejalan kaki mengetahui adanya tebing ambruk, maka dipasang juga tanda pembatas dengan menggunakan pita kendaraan,” ungkapnya.

Lanjut Rusmana, akses jalan kabupaten tersebut selalu ramai dilalui kendaraan baik siang maupun malam. Oleh karena itu, pihaknya berharap pemerintah melalui Dinas terkait bisa secepatnya membangun Tembok Penahan Tebing (TPT) di lokasi yang longsor atau ambruk.

“Apalagi di lokasi tersebut tidak ada lampu penerangan jalan umumnya (PJU). Sehingga apabila malam hari keadaannya gelap gulita. Apabila pengendara berpapasan dengan kendaraan lain dan tidak extra hati-hati, tidak menutup kemungkinan salah satu kendaraan akan mepet ke pinggir, llau terperosok dan terjatuh ke dalam jurang,” pungkasnya. (Edji/R8/HR Online)

- Advertisment -