Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTebing Longsor di Pamarican Ciamis Ancam Hektaran Sawah dan Pemukiman Warga

Tebing Longsor di Pamarican Ciamis Ancam Hektaran Sawah dan Pemukiman Warga

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tebing longsor yang berada di hulu Sungai Cibegog, anak Suangi Cigerentel, yang berada di Dusun Sukasae, Desa Margajaya, Kecamatan Pamarican membuat warga resah.

Tebing longsor tersebut akibat curah hujan yang tinggi serta arus sungai yang begitu deras.

Menurut FK Tagana Kecamatan Pamarican, Baehaki Efendi, akibat longsoran tebing tersebut mengancam 5 hektar sawah serta areal pemukiman warga.

Ia harap agar pemerintah melalui dinas terkait dapat melakukan berbagai upaya agar warga lebih tenang, terutama di musim penghujan ini.

“Luas area yang longsor panjangnya sekitar 15 meter, dengan  tinggi sekitar 5 meter. Dampak dari longsoran ini mengancam sekitar kurang lebih 5 hektar area persawahan yang berada di Blok Cibegog. Selain itu, pemukiman warga disekitarnya juga kini ikut terancam,” katanya.

Dari hasil peninjuan pihaknya, kata Baehaki, untuk menanggulangi longsoran tersebut pemerintah harus memasang bronjong serta tembok penahan tanah (TPT).

“Warga juga sangat mengharapkan adanya upaya segera dari pemerintah, mereka kini mengaku khawatir, apalagi cuaca saat ini hujan terus mengguyur wilayah Kecamatan Pamarican dan sekitarnya,” terangnya. (Suherman/R6/HR-Online)

- Advertisment -