Teh Pereda Rasa Mual yang Menyehatkan

Teh Pereda Rasa Mual yang Menyehatkan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Teh Pereda Rasa Mual yang Menyehatkan. Rasa mual memang kadangkala terjadi karena kondisi tertentu yang menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

Kondisi ini juga sering membuat penderita merasa ingin muntah, bahkan memunculkan nyeri pada dada, perut bagian atas atau belakang tenggorokan. Namun untungnya mual dapat disembuhkan, salah satunya dengan teh pereda rasa mual.

Bagi Anda yang merasa tak nyaman dengan kondisi yang satu ini dan sedang mencari pengobatan yang tepat, berikut adalah beberapa jenis teh yang dapat Anda coba untuk meredakan mual.

Teh Pereda Rasa Mual

Teh Jahe

Teh jahe bermanfaat nuntuk menghilangkan rasa mual memang terdengar tak asing lagi kan? Ya teh jahe memiliki manfaat membantu merehidrasi dan mampu menghilangkan mual akibat kemoterapi, obat-obatan tertentu, dan pembedahan.

Berdasarkan hasil penelitian, mengkonsumsi 0,5-1 gram ekstrak jahe dapat mengobati mual pada orang yang sedang menjalani komoterapi.

Untuk mengkonsumsi teh jahe, dapat juga dikombinasikan dengan bubuk bunga camomile kering. Camomile terbukti dapat menenangkan saraf dan juga digunakan untuk menyembuhkan sakit perut, radang pada usus, dan sebagai obat tidur (penenang).

Teh Lemon Madu

Teh Pereda rasa mual selanjutnya adalah teh lemon madu. Teh lemon memang nikmat diseduh terutama waktu siang hari karena rasanya yang segar.

Namun tahukah Anda? Ternyata minuman ini juga dinilai efektif membantu meredakan mual. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil dari sebuah percobaan terhadap 100 wanita hamil yang menyeduh minuman ini.

Aroma minyak esensial lemon ini ternyata efektif membantu mengurangi mual dan muntah pada sebagian besar partisipan.

Agar hasil lebih maksimal, teh lemon dapat ditambahkan dengan madu karena dinilai berkhasiat untuk menyeimbangkan bau asam lemon dan melawan bakteri penyebab mual.

Teh Adas

Teh pereda rasa mual berikutnya yang perlu Anda coba yaitu teh adas. Ramuan yang satu ini bahkan telah lama diketahui sebagai obat alami penyakit seperti sakit perut, diare dan sembelit.

Teh ini juga dipercaya efektif untuk membantu wanita terhindar dari mual pada saat sebelum atau  menstruasi. 

Selain itu, mengkonsumsi 1 cangkir atau 240 ml teh adas perhari juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan pemulihan usus.

Teh Chamomile

Teh pereda rasa mual selanjutnya yakni Teh Chamomile. Teh Chamomile diketahui juga efektif untuk meredakan rasa mual.

Hal tersebut terbukti dari hasil penelitian yang yang dilakukan pada 105 wanita yang mengonsumsi ekstrak chamomile.

Mengkonsimsi chamomile ternyata juga lebih efektif daripada jahe, terutama untuk mengurangi mual dan muntah yang disebabkan kehamilan.

Berdarkan sebuah studi yang pernah dilakukan, seorang yang sedang menjalani kemoterapi,  frekuensi muntahnya akan berkurang setelah  mengkonsumi 500 mg ekstrak chamomile dua kali sehari selama empat bulan.

Teh Licorice

Teh pereda rasa mual terbaik lainnya yaitu teh Licorice. Teh ini disebut efektif untuk mengobati berbagai gejala pencernaan seperti mual, muntah, sakit perut dan kembung.

Untuk pengobatannya dapat dilakukan dengan minum 75 mg ekstrak licorice, dua kali sehari.

Namun, saat setelah Anda melakukan pengobatan ini dan rasa mual tidak hilang dalam beberapa hari atau jika kemungkinan hamil, penting untuk memeriksakan diri ke dokter.

Anda perlu waspada karena bisa jadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius. Itulah beberapa resep teh Pereda rasa mual yang bisa anda coba di rumah. (Deni/R4/HR-Online)