Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruTekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi Berbahaya

Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi Berbahaya

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Tekanan Angin Ban Mobil Terlalu Tinggi Berbahaya. Anda sering berkendara menggunakan mobil? Tentu Anda pernah mengisi tekanan angin pada ban mobil.

Tidak hanya asal mengisi, tekanan angin yang terlalu tinggi bisa menyebabkan beberapa masalah bahkan bisa membahayakan pengemudi dan orang lain. Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan karena tingginya tekanan angin;

Bahaya Tekanan Angin Ban Terlalu Tinggi

Keseimbangan Kemudi Berkurang

Tekanan angin yang terlalu tinggi membuat ban mobil menjadi kaku dan akan mengganggu keseimbangan handling pada mobil. 

Ketika ban pada mobil menjadi kaku, mobil akan mudah terselip. Hal ini tentu saja sangat membahayakan pengemudi saat berada di jalan.

Dalam hal ini, permukaan ban yang keras tidak akan mampu mencengkeram dengan kuat pada jalan raya. Dan ini bisa berakibat munulnya benjolan pada bagian tertentu di sekitar permukaan ban.

Pada saat ban tidak mampu mencengkeram dengan erat saat di jalan raya, keseimbangan kemudi akan terganggu saat melajukan mobil pada kecepatan tinggi.

Keausan Dini Pada Ban

Tekanan angin pada ban yang terlalu tinggi juga membuat ban cenderung menonjol pada bagian tengah ban. Hal itu membuat ban mengalami keausan.

Hal semacam ini tentu tidak berdampak baik mengingat keausan pada ban mobil menyebabkan ban mobil bisa terselip.

Keausan dini akibat tekanan angin ban terlalu tinggi menyebabkan benjolan yang berakibat pada saat melewati jalanan yang tidak rata.

Ban bisa berakibat kebocoran jika menginjak permukaan yang tajam seperti batu kerikil.

Rawan Meletus Jika Dipakai Dalam Waktu Lama

Tekanan angin ban terlalu tinggi menyebabkan ban menjadi lebih keras. Ketika Anda mengemudi terlalu lama dan mobil semakin lama bergesekan dengan jalan beraspal, maka suhu panas yang mengalir dari jalan aspal menuju ke ban mobil semakin besar.

Hal ini mengarah pada sifat molekul angin yang mengembang apabila dipanaskan. Hal inilah yang menyebabkan ban mobil rawan meletus saat dikendarai.

Seringkali terjadi kecelakaan dikarenakan meledaknya ban mobil. Untuk itu, sebaiknya benar-benar memahami seberapa besar tekanan angin yang ideal untuk mobil Anda.

Kurang Baik Menyerap Getaran

Tekanan angin yang ada di dalam ban mobil akan berhimpitan akibat tingginya tekanan yang diberikan.

Hal ini tentu saja menimbulkan sensasi yang keras terutama pada saat melaju di jalan yang tidak rata.

Perasaan tidak nyaman pun akan anda rasakan karena guncangan akibat tekanan ban mobil yang terlalu tinggi.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan ban mobil Anda tidak bisa menyerap getaran saat di jalan dan mengakibatkan guncangan yang berlebih saat mobil dikendarai.

Sebelum mengisi tekanan angin pada mobil, alangkah baiknya untuk memahami jumlah tekanan yang ideal untuk ban mobil Anda.

Jangan sampai bahaya yang ditimbulkan karena tekanan angin ban terlalu tinggi menimpa Anda. Tetap aman saat berkendara dan selalu mengikuti aturan yang berlaku. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -