Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita BanjarTerkait Isu Suspect Corona di Kota Banjar, RSUD: Itu Hoaks

Terkait Isu Suspect Corona di Kota Banjar, RSUD: Itu Hoaks

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Manajemen RSUD Kota Banjar menepis kabar ada pasien suspect corona di Kota Banjar. Manajemen menegaskan jika kabar adanya pasien suspect corona itu hoaks atau tidak benar.

Pihak RSUD Kota Banjar, Jawa Barat, melalui Kepala Humas Pelayanan, Rohendi, mengatakan, tidak benar jika ada warga yang yang terjangkit virus corona di RSUD Kota Banjar sebagaimana isu yang beredar di media sosial.

Adapun terkait gambar-gambar yang tersebar, kata Rohendi, hanya simulasi kesiapsiagaan dari pihak rumah sakit sebagai antisipasi penanganan ada warga yang terjangkit virus corona.

“Jadi, kalau ada berita yang mengatakan terdapat warga yang Suspect Corona di Kota Banjar itu tidak benar. Yang ada itu simulasi kesiapsiagaan dari pihak rumah sakit,” tegas Rohendi saat dikonfirmasi HR Online via telepon, Jum’at (6/3/20).

Baca Juga: Heboh! Warga Kota Banjar Terinfeksi Virus Corona, Ini Faktanya

Sebetulnya, kata Rohendi menjelaskan, saat simulasi dilakukan sebelumnya juga sudah dipasang pemberitahuan ada sosialisasi kesiapsiagaan penanganan virus Corona.

Selain itu bagi pengunjung juga sudah disampaikan agar tidak mengambil gambar berupa video, bentuk foto ataupun dokumen lainnya.

“Sudah ada pemberitahuan simulasi tapi kemungkinan ada pengunjung yang ambil gambar jadi beredar,” jelasnya.

Simulasi Berjalan Lancar

Praktek simulasi yang dilakukan tadi siang, lanjut Rohendi, diantaranya pengecekan penanganan oleh tenaga medis, dari mulai masuk ruang IGD, pemeriksaan pasien, cara membawa korban sampai penanganan di ruang isolasi.

“Simulasinya tadi berjalan lancar. Jadi Intinya untuk kesiapan para petugas medis,” katanya.

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada warga masyarakat agar tidak panik, selalu menjaga kesehatan dan tidak menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya.

“Kami harap kepada warga masyarakat tetap tenang, tidak panik dan tidak menyebarkan berita hoaks. Semoga tidak ada kasus virus corona di Banjar,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, warga Kota Banjar dihebohkan foto-foto yang tersebar di berbagai media sosial. Foto tersebut memperlihatkan petugas medis memakai baju pelindung tengah membawa pasien.

Dalam caption foto tertulis jika foto tersebut merupakan foto pasien yang terjangkit virus corona di Kota Banjar. (Muhlisin/R7/HR-Online)

- Advertisment -