Tidak Sekedar Lomba, Ini Filosofi Makan Kerupuk di Acara Isra Miraj di Cipaku Ciamis

Filosofi lomba Makan Kerupuk
Lomba makan kerupuk di acara peringatan Isra Miraj yang diselenggarakan di Cipaku Ciamis, bukan hanya sekedar lomba, melainkan juga ada filosofi dan nilai budaya di dalamnya. Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Panitia peringatan Isra Miraj di DTA An Nuriyah RT 04/03, Dusun/Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sengaja memperlombakan makan kerupuk untuk anak-anak, Sabtu (21/3/2020).

Menurut ketua panitia, Usman Ali, lomba makan kerupuk selain biayanya murah, aturannya pun terbilang mudah.

“Peserta hanya diharuskan menggigit dan memakan habis kerupuk yang telah digantung oleh panitia,” katanya kepada JR Online, Sabtu (21/3/2020).

Jadi, sambungnya, peserta yang bisa menghabiskan kerupuk dalam waktu tercepat dinyatakan sebagai pemenangnya.

Usman menuturkan, selain acara menjadi meriah, lomba makan kerupuk memiliki filosofi yaitu nilai budaya yang terkandung. Pasalnya, dalam permainan makan kerupuk, ada kerja keras dan sportivitas.

“Nilai kerja keras tercermin dari semangat para pemain untuk menggigit kerupuk hingga habis,” tuturnya.

Sedangkan nilai sportivitas setiap peserta yang berlaku curang, sambungnya, akan didiskualifikasi dan dinyatakan kalah serta harus menerima kekalahannya dengan lapang dada. 

Selain lomba tersebut, pihak panitia juga mengisi acara peringatan Isra Miraj dengan berbagai kegiatan, diantaranya tadabur alam, baca berjanji, LCC, kaligrafi, adzan  pildacil dan tahfid. (Edji/R5/HR-Online)

Loading...