Tipe Banjir yang Ada di Dunia, Beda Sebab dan Penangananya

Tipe Banjir yang Ada di Dunia
Tipe Banjir yang Ada di Dunia. Foto: Istimewa

Tipe banjir yang ada di dunia memang banyak macamnya. Semua itu berbeda penyebab, dampak dan juga cara penanganannya. Seperti yang diketahui banjir selalu mengintai manusia setiap tiba musim penghujan.

Bencana banjir ini memang mempunyai dampak yang merusak dan bisa dikategorikan cukup parah. Membuat berbagai macam sektor kegiatan mengalami kerugian materi yang begitu besar.

Di indonesia sendiri bencana banjir yang sering terjadi, apalagi ketika musim penghujan. Peristiwa ini bahkan seringkali menjadi headline di berbagai media nasional. Banjir terjadi diduga berasal dari tingginya curah hujan.

5 Tipe Banjir yang Ada di Dunia

Mungkin selama ini kita menganggap bahwa banjir itu hanyalah kejadian air hujan yang meluap. Menggenangi jalan, rumah dan bangunan.

Ternyata banjir bukan hanya sering terjadi di indonesia di berbagai belahan dunia juga sering kali terjadi bencana banjir. Tetapi tahukah anda jika banjir ternyata mempunyai beberapa jenis?

Ada beberapa tipe banjir yang ada di dunia berdasarkan dari sumber utama penyebab banjir tersebut. Masing-masing memiliki karakter yang berlainan, sehingga tindakan yang dilakukan untuk pencegahan dan penanganan bencana banjir tersebut tidak sama satu dengan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tipe banjir yang pernah terjadi di berbagai belahan dunia. Bahkan salah satu diantaranya ada jenis banjir yang bukan terjadi karena curah hujan berlebih.

Banjir Luapan

Jenis banjir terjadi saat air yang ada di sungai meluap kemudian membanjiri daerah yang ada di sekitarnya. Umumnya daerah yang akan terdampak oleh banjir luapan cukup luas dan juga datar.

Air yang berasal dari banjir luapan umumnya akan bergerak lambat dan terkadang membutuhkan waktu lama untuk kembali surut. Namun di bagian daerah pegunungan air banjir akan bergerak lebih cepat dan demikian pula waktu surutnya.

Banjir Bandang

Salah satu tipe banjir yang ada di dunia yang mengerikan adalah banjir bandang. Banjir yang satu ini mempunyai karakter air dengan gerakan sangat cepat dan bisa menyapu bersih semua objek yang dilewatinya.

Jenis banjir ini sangat berbahaya dan umumnya sering terjadi ketika curah hujan sangat tinggi dan berlangsung terus-menerus. Selain itu, banjir bandang juga bisa terjadi ketika ada pencairan salju secara cepat.

Di dalam beberapa kasus, banjir bandang bisa terjadi ketika sebuah tanggul jebol. Biasanya bencana ini terjadi di area kecil tertentu yang disebabkan tidak mampunya tanah untuk menyerap air.

Oleh sebab itu, salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan membangun sistem drainase yang baik. Serta menghindari pengembangan berlebihan di daerah dataran banjir.

Banjir Rob

Tipe banjir yang ada di dunia ini memang bermacam-macam. Salah satunya adalah banjir rob. Jenis banjir seperti ini umumnya terjadi di daerah pemukiman yang berada di pesisir pantai.

Peristiwa ini dipengaruhi oleh situasi lautan. Akan sangat mungkin terjadi ketika ada fenomena supermoon atau saat bulan berada di lokasi yang dekat dengan bumi. Sebab fenomena ini juga bisa mengakibatkan pasang air laut yang cukup tinggi.

Dampak dari banjir rob biasanya tidak terlalu fatal untuk struktur bangunan tetapi contoh yang cukup ekstrim ketika terjadi hurikan atau siklon maka banjir rob punya tingkat pengrusakan cukup tinggi.

Banjir Lumpur

Jenis banjir lumpur menjadi salah satu tipe banjir yang ada di dunia dan bukan disebabkan karena curah hujan. Ini merupakan banjir yang membawa muatan lumpur.

Penyebab dari peristiwa banjir ini karena keluar lumpur dari dalam bumi. Salah satu contoh banjir lumpur yaitu yang pernah terjadi di Lapindo Sidoarjo.

Banjir Lahar

Peristiwa banjir lahar bisa terjadi di saat lahar yang ada di sekitar gunung api ikut terbawa turun karena air hujan.

Fenomena banjir lahar bisa membawa banyak material vulkanik dan bisa mengakibatkan banyak kerusakan yang terjadi di daerah sekitar.

Suhu yang dimiliki oleh banjir lahar ini berbeda-beda. Tergantung dari suhu lahar tersebut.

Disamping itu, banjir lahar juga bisa mengakibatkan pendangkalan yang terjadi pada daerah sungai. Dengan demikian, air sungai bisa meluap ke daratan sekitar.

Berbagai macam tipe banjir yang ada di dunia memang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Bahkan ada banjir yang disebabkan karena kesalahan manusia seperti banjir lumpur Lapindo di Sidoarjo. (R10/HR-Online)

Loading...