Tips Mengatasi LCD HP Rusak yang Perlu Anda Ketahui

Tips Mengatasi LCD HP Rusak
Ilustrasi Tips Mengatasi LCD HP Rusak. Foto: Istimewa

Tips mengatasi LCD HP rusak perlu diketahui. Pasalnya LCD merupakan komponen utama dari sebuah ponsel.

Penyebab dari LCD handphone yang rusak sangat banyak. Diantaranya adalah karena pecah, retak, bergaris, berkedip dan masih banyak lagi.

Jika anda mengalami permasalahan seperti yang disebutkan di atas, maka jangan buru-buru untuk menggantinya dengan LCD baru. Karena LCD handphone dapat diperbaiki sendiri tanpa harus pergi ke tukang service.

Bagaimana Tips Mengatasi LCD HP Rusak

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan salah satu dari tipe layar HP saat ini. Tipe layar ponsel yang lain ada OLED, AMOLED, TFT LCD dan masih banyak lagi.

Baca juga: LCD HP Bergaris dan Berkedip, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Permasalahan yang dialami layar ponsel sering terjadi, karena layar merupakan komponen dari perangkat yang sering digunakan. Berikut tips mengatasi LCD HP rusak pada smartphone Android.

Ghost Touching

Kondisi dimana layar menjalankan perintah sendiri, padahal ponsel sama sekali tidak disentuh disebut Ghost Touching. Kejadian tersebut dikarenakan terdapat arus listrik yang berlebih pada perangkat.

Bila kejadian hanya dialami beberapa kali, maka dapat dipastikan penyebabnya adalah tegangan terlalu tinggi atau charger mengalami kerusakan.

Tips mengatasi LCD HP rusak sebaiknya anda memakai charger bawaan, dan jangan sering memakai charger lain. Namun bila layar suka menjalankan perintah sendiri dan dan terlalu sering maka LCD benar-benar rusak dan anda perlu menggantinya.

LCD Tergores

LCD tergores merupakan hal yang paling sering terjadi. Hal ini disebabkan oleh kelalaian dari pengguna.

Biasanya saat menyimpan atau menaruhnya di tempat yang asal-asalan. Misalnya saja di saku dan tas yang terlalu sempit. Sehingga menimbulkan layar menjadi baret-baret atau tergores. Goresan ini bisa diatasi dengan mengoleskan sedikit pasta gigi pada permukaan.

Baca juga: Tips Agar Baterai Cepat Penuh Paling Ampuh Tanpa Perlu Mematikan Hp

HP yang retak dapat terlihat dari goresan yang kasar pada layar. Biasanya terjadi karena benturan, jatuh atau mendapat tekanan yang berat.

Dengan menerapkan tips mengatasi LCD HP rusak ini, meskipun layar retak masih banyak HP yang tetap dapat digunakan. HP dengan layar yang retak masih dapat diperjual belikan, namun masalah harganya akan mengalami penurunan.

Tidak hanya retak, LCD ponsel bisa saja sampai pecah. Pecahannya bisa halus ataupun kasar saat anda memegang layarnya. Kejadian retak atau pecah mengharuskan anda untuk mengganti LCDnya.

Flickering

Flickering adalah keadaan layar ponsel yang dipenuhi garis-garis. Garis bergerak dari atas ke bawah atau menyamping. Tentu saja hal ini sangat mengganggu penggunanya, karena bisa membuat pusing.

Tips mengatasi LCD HP rusak, anda harus menghindari panas dan cahaya yang berlebihan. Pengaturan brightness pada smartphone juga perlu anda perhatikan.

Terkadang, flickering juga disebabkan karena aplikasi yang menyebabkan flicker. Karena aplikasi untuk game dan kamera biasanya akan memerlukan fitur Auto Brightness. Saat anda menginstall custom ROM, flicker kadang juga terjadi.

Kondisi ponsel yang terlalu panda, terkena air dan umurnya yang terbilang sudah lama bisa jadi penyebab HP bergaris. Pada mulanya hanya menunjukkan garis-garis saja.

Namun bisa saja berlanjut NO Display atau tidak muncul tampilan apapun pada layar. Karena HP telah mengalami backlight dan tidak aktif.

Bila sekedar terkena air, maka bisa dikeringkan dan diperbaiki. Akan tetapi jika solusi tersebut tidak bisa mengatasinya, maka perlu diganti layar yang baru.

Dead Pixel

Matinya piksel pada layar atau dead pixel mengakibatkan layar ponsel tidak menyala dengan normal. Terdapat bercak noda hitam atau pucat pada bagian layar.

Dead pixel akan merambat luas sehingga membuat layar tidak bisa dipakai. Tips mengatasi LCD HP rusak karena dead pixel bisa diperbaiki dengan menggunakan aplikasi Pixel Fixer.

Aplikasi ini berfungsi untuk merangsang layar supaya merespon warna yang sesuai dengan cara menjalankan spektrum cahaya dinamis. Selain itu, aplikasi juga bisa mengembalikan sensitivitas layar anda terhadap sentuhan.

Layar LCD Tidak Sensitif

Penyebab dari layar LCD tidak sensitif salah satunya adalah overheat. Anda bisa mematikan ponsel untuk beberapa saat, kemudian nyalakan kembali.

Sangat mudah bukan cara mengatasinya, supaya hasil lebih maksimal tunggu sampai kondisi smartphone dingin sebelum dihidupkan lagi.

Untuk dapat mengetahui LCD rusak anda tingga melihat tanda-tandanya saja. Supaya tidak mudah rusak, sebaiknya bila sudah terasa panas segera matikan ponsel.

Jika ponsel terkena air maka matikan dan segera keringkan. Gunakan charger original dan hilangkan root Android bila perlu. Tips mengatasi LCD HP rusak perlu anda perhatikan supaya layar LCD lebih awet. (R10/HR-Online)

Loading...