Tombol Navigasi Xiaomi Mati, Begini Cara Memperbaikinya!

Tombol Navigasi Xiaomi Mati
Tombol navigasi Xiaomi mati. Foto: Ist/Net

Tombol navigasi Xiaomi mati menjadi salah satu gangguan bagi mereka yang memiliki dan menggunakan produk ponsel dari Xiaomi.

Bila kerusakan semacam ini terjadi, tentunya akan mengganggu kelancaran dan kenyamanan saat menggunakan ponsel.

Tombol navigasi Xiaomi yang mengalami kerusakan dapat terjadi kapan saja. Hal inilah yang kemudian harus diwaspadai oleh para pengguna ponsel dari Xiaomi.

Faktor pemicunya pun juga bermacam-macam, seperti halnya tidak sengaja terjatuh, membentur benda keras, dan yang lainnya.

Sebab itulah, penggunaan yang baik dan benar juga harus diterapkan oleh para pengguna agar kerusakan semacam ini tidak terjadi.

Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Xiaomi Mati

Jika sudah terlanjur mengalami kerusakan pada tombol navigasinya, maka harus segera dicari langkah yang tepat untuk memperbaikinya. Tindakan ini dilakukan supaya kerusakan tidak semakin parah.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki tombol navigasi Xiaomi yang mati. Tentunya langkah ini sangatlah tepat untuk anda lakukan.

Rajin Membersihkan Anti Gores

Cara memperbaiki tombol navigasi Xiaomi mati dapat dilakukan dengan rajin membersihkan anti gores yang digunakan.

Tak dapat kita pungkiri, sebenarnya, anti gores memiliki peranan yang sangat penting untuk melindungi setiap layar ponsel dari adanya goresan yang diakibatkan karena jatuh, terbentur, maupun yang lainnya.

Meskipun demikian, kondisi kebersihan anti gores juga harus diperhatikan. Pasalnya, jika anti gores kotor yang disebabkan karena minyak, debu, dan semacamnya, maka tombol navigasi tidak akan merespon dengan baik, bahkan malah tidak dapat berfungsi lagi.

Maka dari itu, bagi anda penggemar produk ponsel dari Xiaomi, kebersihan anti gores yang digunakan penting untuk diperhatikan. Untuk lebih amannya, ketika memasang anti gores, maka cukup pada layarnya saja, sedangkan tombol navigasinya tidak perlu.

Menghapus Aplikasi

Cara memperbaiki tombol navigasi Xiaomi mati selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, apa hubungannya aplikasi yang digunakan pada ponsel dengan tombol navigasinya.

Jawabannya cukup sederhana, pada dasarnya terdapat beberapa aplikasi yang tidak bisa merespon dengan baik ketika dioperasikan pada ponsel kita. Dengan kata lain, tidak semua ponsel dapat support pada aplikasi tertentu.

Sehingga menyebabkan tombol navigasi Xiaomi tidak dapat bekerja sebagaimana fungsinya. Hal ini disebabkan karena telah mengalami crash.

Akan tetapi tidak semua aplikasi harus kita hapus, coba terlebih dahulu pada aplikasi yang terakhir digunakan. Uninstall aplikasi tersebut, kemudian restart.

Setelah selesai, gunakan kembali tombol navigasinya seperti biasa, guna memastikan bahwa sudah berfungsi dengan baik kembali.

Periksa Opsi Tombol di Status Bar

Berikutnya, memperbaiki tombol navigasi Xiaomi mati juga dapat dengan memeriksa opsi tombol di status bar yang ditampilkan. Langkah ini dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Anda hanya perlu mengetahui apakah opsi tombol di status bar aktif atau tidak. Jika awalnya opsi tombol di status bar di ponsel aktif, maka nonaktifkan untuk sementara waktu.

Setelah itu, coba gunakan kembali tombol navigasi Xiaomi anda. Cek apakah berfungsi dengan sempurna atau tidak.

Menggunakan Bantuan Aplikasi

Dalam memperbaiki tombol navigasi Xiaomi yang mengalami kerusakan seperti tidak berfungsi dengan baik, maka anda juga dapat menggunakan bantuan aplikasi tombol navigasi lainnya.

Cara ini menjadi alternatif selanjutnya, apabila cara-cara sebelumnya tidak dapat berhasil dengan baik.

Selain memperbaiki tombol navigasi Xiaomi mati, dengan adanya bantuan aplikasi ini juga bisa mengetahui kerusakan pada layar ponsel Xiaomi anda melalui home button itu sendiri.

Menghilangkan Efek Talk Back

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kerusakan pada tombol navigasi di ponsel Xiaomi yang saat ini anda gunakan dapat disebabkan karena berbagai hal. Salah satunya adalah adanya efek talk back.

Efek talk back ini juga disebut dengan aplikasi yang mengalami komentar balik. Tak perlu risau jika tombol navigasi yang mati disebabkan karena adanya gangguan semacam ini.

Langkah mudah yang perlu anda gunakan adalah dengan masuk ke menu Pengaturan, pilih Aplikasi Terinstall, selanjutnya Aplikasi Talk Back, dan yang terakhir tekan Nonaktifkan Semua Pembaruan.

Jika sudah, silahkan hapus seluruh data cache dengan melalui aplikasi keamanan. Setelah itu, mulai ulang perangkat di ponsel Xiaomi anda. Langkah terakhir, cek kembali tombol navigasi Xiaomi mati sebelumnya. (R10/HR-Online)

Loading...