Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBerita TerbaruTombol Volume HP Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

Tombol Volume HP Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

Tombol volume HP tidak berfungsi, lantas bagaimanakah cara mengatasinya? Saat ini smartphone menjadi salah satu barang yang penting dan wajib dimiliki oleh kebanyakan orang.

Kalangan anak-anak, remaja dan dewasa banyak yang memiliki ponsel. Berbagai fitur yang dimiliki smartphone bisa memenuhi kebutuhan para pemakainya.

Jika smartphone sering dipakai, maka tidak jarang timbul berbagai masalah. Misalnya saja, pada hardware seperti pada tombol volumenya yang tidak berfungsi.

Penyebab Tombol Volume HP Tidak Berfungsi

Secanggih apapun smartphone dengan harga hingga puluhan juta, pasti tidak akan mempunyai nilai lagi bila mengalami kerusakan. Barang elektronik sangat rawan rusak dan sensitif.

Bagian penting dari smartphone yang sering kita gunakan dan nikmati adalah suara. Kekuatan suara dapat kita atur melalui tombolnya.

Namun kadang terjadi permasalahan atau kerusakan pada smartphone. Baik itu secara fisik maupun sistemnya.

Kerusakan pada sistem kemungkinan disebabkan oleh penggunaan RAM yang berlebihan. Sehingga smartphone kadang lemot bahkan mati total.

Sementara kerusakan pada fisik tombol volume HP tidak berfungsi biasanya disebabkan oleh kelalaian dari penggunanya sendiri. Misalnya saja, HP jatuh, terkena air dan masih banyak penyebab lainnya.

Pemakaian tiap orang berbeda-beda, ada yang berhati-hati sehingga awet, tahan lama dan hardware terjaga. Namun ada juga yang asal-asalan sehingga ponsel mudah rusak.

Anda jangan buru-buru pergi ke tukang service bila tombol volume tidak berfungsi. Karena ada beberapa cara yang dapat anda lakukan sendiri dengan mudah untuk memperbaikinya.

Tombol volume memang menjadi salah satu komponen yang mudah rusak. Karena pemakaiannya sering untuk pengaturan volume, telepon ataupun bermain game.

Cara Mengatasi Tombol Volume HP Tidak Berfungsi dengan Volume Control

Salah satu bagian hardware smartphone yang vital adalah tombol volume. Tombol ini biasanya terdapat di bagian samping kanan atau kiri dari gadget.

Jika tombol volume pada ponsel rusak, cara mengatasinya ada beberapa alternatif. Jadi anda jangan terburu-buru untuk datang ke tukang service.

Tombol volume yang rusak bila diatasi sendiri tentu akan lebih menghemat biaya. Anda dapat memanfaatkan sebuah aplikasi khusus. Namanya adalah Volume Control.

Anda bisa mendapatkan aplikasi untuk mengatasi tombol volume HP tidak berfungsi tersebut dengan cara download gratis. Kinerja HP tidak akan menjadi berat karena aplikasi ini sangat ringan.

Pertama-tama anda install aplikasi Volume Control yang terdapat di Play Store. Kemudian pasang dan buka aplikasi tersebut.

Anda dapat mengatur suara di tab volume. Selain itu, pengaturan suara juga dapat dilakukan melalui ikon yang berada di notifications bar.

Berbagai mode pengaturan suara juga dapat anda kontrol melalui aplikasi ini. Caranya cukup mudah, bukalah tab Presets. Gunakan mode yang telah tersedia seperti Mode Malam atau Silent.

Jika anda merasa tidak cocok, maka bisa membuat mode sendiri. Caranya dengan menekan ikon tanda Plus yang berada di sudut kanan bawah. Dengan cara ini, anda bisa terbebas dari permasalahan tombol volume HP tidak berfungsi.

Mengatasi Tombol Volume Error dengan Volume ChopCUT

Volume ChopCUT merupakan aplikasi yang dapat anda download melalui Play Store. Aplikasi ini dapat  mengatasi tombol volume tidak berfungsi dengan cara menyetel dari layar saja. Jadi, aplikasi akan mengontrol volume berupa bar.

Ada beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini. Diantaranya adalah Basic Notification, Extended Notifications, Floating Widget dan Floating Equalizer.

Volume nada dering, panggilan telepon, alarm dan pemutar media dapat diatur dalam satu layar tampilan saja pada fitur Basic Notification. Tampilan aplikasi simple dan ringan.

Untuk Extended Notification, tampilannya lebih bagus. Fitur lebih mudah digunakan untuk mengakses pengaturan volume via layar ponsel sehingga mampu memperbaiki tombol volume HP tidak berfungsi.

Floating Equalizer menampilkan fitur berupa widget pada layar smartphone. Pengaturan volume dapat anda lakukan dengan mudah, cukup dengan mengklik tombol.

Sementara untuk Floating Widget, tampilan berada di layar ponsel. Widget dapat anda atur kemana saja posisinya, seperti halnya kursor mouse pada laptop.

Meskipun anda membuka aplikasi lain, namun kursor masih tetap bisa terlihat. Kelebihan fitur ini disertai dengan pengaturan warna dan transparansi.

Anda tidak perlu khawatir lagi bila tombol volume HP tidak berfungsi secara tiba-tiba karena rusak atau error. Anda dapat mengatasinya dengan mudah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img