TPT Anak Sungai Cikaso Ambruk, Satu Rumah Warga Terancam Longsor

TPT Ambruk
TPT sepanjang lebih dari 10 meter yang berada di Dusun Wanayasa, RT 01/01, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, tiba-tiba ambruk dan mengancam satu rumah warga. Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tembok penahan tebing (TPT) sepanjang lebih dari 10 meter yang berada di Dusun Wanayasa, RT 01/01, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, tiba-tiba ambruk dan mengancam satu rumah warga.

Informasi HR di lapangan, ambruknya TPT tersebut diakibatkan oleh gerusan anak sungai Cikaso, ketika curah hujan terjadi di wilayah Kecamatan Banjarsari.

Parti, pemilik rumah yang kini terancam oleh ambruknya TPT saat ditemui HR Online, Senin (09/03/2020) mengatakan, akibat ambruknya tembok penahan tebing itu, dapur rumahnya kini terancam longsor.

Dia menuturkan, kejadian sudah tiga harian sekitar pukul lima pagi. Saat itu, arus sungai sedang deras karena banjir.

“Nah ketika ambruk, saya sekeluarga sempat kaget karena terdengar suara bergemuruh di belakang rumah. Pas saya lihat, eh… ternyata itu benteng di belakang rumah ambruk,” tuturnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, Parti berharap agar pemerintah segera memperbaiki TPT itu. Pasalnya, dirinya tidak tenang terlebih hujan turun dan debit air sungai naik, karena takut rumahnya ikut ambruk.

“Makanya sekali lagi saya berharap Pak Bupati bisa mendengar harapan saya, dan segera memperbaiki TPT yang ambruk ini,” ungkapnya. (Suherman/R5/HR-Online)