TVS Classic, Motor Matic yang Cocok Buat Emak-emak Gaul

TVS Classic
Motor matic TVS Classic. Foto : net/ist

TVS Classic masuk ke pasar otomotif Indonesia pada tahun 2018 silam. Jika dilihat dari bentuknya baik itu desain atau tampilannya, motor matic TVS Classic besutan India ini hampir sama dengan Vespa.

Sesuai dengan namanya, skutik ini memiliki konsep dengan bergaya klasik, akan tetapi dibalut dengan desain yang modern seperti motor matic sekarang ini.

Itu terlihat dari bagian belakangnya yang “bahenol”, desain proporsional serta bergaya motor matic klasik khas negara Eropa yang membikin unik.

Motor matic besutan TVS ini sangat cocok digunakan di daerah perkotaan. Karena bodinya yang tidak berat, sehingga tidak bikin repot emak-emak yang menungganginya.

Spesifikasi TVS Classic

Motor skutik ini memang jika dilihat dari eksterior hampir serupa dengan Vespa Series. Bisa dilihat dari bokongnya yang sedikit menggembung, serta warnanya yang polos tidak banyak strip atau poletan.

Jantung Pacu

Bagian spek terpenting dari skutik Classic ini adalah dari mesinnya yang memberikan performa handal.

Mesinnya itu dibekali dengan mesin bertenaga 109.7 cc. Selain itu juga mesinnya menggunakan silinder tunggal dengan empat langkah, dan sebagai pendinginnya memakai OHC berpendingin cair.

Jantung pacu dari TVS Classic ini sanggup sampai tarikan dengan power maksimum sampai 5.88 kw pada 7500 rpm. Bukan hanya itu, torsi maksimal juga bisa hingga 8.4 Nm pada 5500 rpm.

Jika dilihat dari tarikannya itu baik torsi atau tenaganya, maka skutik Classik ini meski berdesain tidak neko-neko akan tetapi bisa diandalkan dalam hal powernya.

Meski memiliki tenaga yang power maksimum, namun ternyata TVS Classic ini sangat ramah lingkungan lho. Hal itu disebabkan karena adanya sistem pembakaran dengan menggunakan Digital IDI dengan ignition Map Technology.

Desain

TVS Classic memiliki kesan dengan gaya yang khas akan motor matic di benua Eropa. Seperti pada bagian depannya yang lampu model headlamp Halogen berbentuk sederhana serta proporsional namun berkesan modern.

Sedangkan untuk sein atau ritingnya yang ada di sebalah kiri dan kanan, juga dipasang sepeti motor matic dari pabrikan lainnya.

Yang membuat tambah klasik adalah dipasang Windshield untuk menghalang angin dari depan. Windshield dengan model stylish dan elegan ini dipasang pada bagian atas lampu depan utama.

Selain itu, pada bagian spionnya berbentuk Round-Shaped Full Chrome, yang sangat menawan menjadikan lebih terlihat anggun.

Daya tarik lainnya dari motor matic besutan TVS asal India ini adalah, jok-nya sangat elegan serta retro modern dengan desain Premium Dual-Tone Seat with Stitching.

Terlebih di belakangnya, jok tersebut dipasang juga Backrest yang diberi lapisan Classy Chrome Pillion Handle.

Beralih ke belakang, layaknya pada Vespa Series bagian bokong terlihat bahenol atau sedikti menggembung.

Sedangkan lampu belakang terutama untuk stoplamp menggunakan teknologi LED, yang bikin cahaya lampunya menjadi lumayan terang, tapi tidak bikin silau pengendara di belakangnya.

Sementara untuk pijakan kakinya terlihat sederhana, tapi bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna motor matic bergaya klasik ini.

Dimensi dan Suspensi Motor Matic TVS Classic

Motor matic ini sangat pas dipakai di daerah perkotaan, karena memiliki bodi yang minimalis, dengan berukuran panajng 1834, lebar 650 dan tinggi 1115 mm serta sumbu rodanya berjarak 1275 mm.

Skutik ini juga cocok untuk emak-emak, pasalnya selain berukuran minimalis motor matic ini pula bobotnya hanya 108 kilogram.

Sedangkan bagian rangkanya mengusung High Rigidity Underbone Type, yang sangat kuat tapi bobot atau beratnya ringan.

Kehandalan lainnya dari motor matic TVS Classic adalah di bagian suspensinya. Kaki-kakinya tersebut sangat kuat sehingga bisa menopang bodi motor.

Alasan kaki-kakinya kuat karena adanya suspensi Ø30 tipe Advanced telescopic, yang dipasang di depan, serta di bagian belakang menggunakan Gas Charged Monoshock.

Sehingga, suspensinya itu bisa menawarkan rasa nyaman ketika dikendarai yang disesuaikan dengan berat. Jadi saat melewati jalan bergeronjoal atau berlubang tetap memberikan kenyamanan.

Untuk velg-nya berukuran 12 inci model racing berwarna hitam. Bagian ban tipe Tubeless dengan ukuran 90/90-12 baik di belakang atau depan.

Sedangkan rem di depan dan belakang menggunakan Drum Brake dengan ukuran 130, ditambah SBS System yang memastikan pengguna dengan mudahnya mengendalikan motor matic tersebut.

Fitur

Keunggulan dari TVS Classic bukan hanya pada desain serta mesinnya saja, melainkan fiturnya juga jangan disepelekan.

Seperti disinggung sebelumnya, remnya memakai teknologi SBS yang bisa memberikan rasa nyaman serta keselamatan.

Di bagian speedometer yang dipasang pada dashboard depan berbentuk panel analog namun desainnya modern.

Tampilan speedometer-nya itu antara lain kecepatan Km/jam, jarak tempuh, ECO Indicator, indikator bahan bakar, Power Indicator, lampu indikator seperti untuk sein serta indikator lampu jarak jauh atau dekat.

TVS Classic ini juga dibekali charger smartphone, kunci yang ada magnetnya berfungsi sebagai keamanan dari maling, serta 2 cantolan kantong belanja yang dipasang di dashboard dan bawah jok.

Bawah jok-nya itu juga ada bagasi yang mempunyai ruang sampai bisa menampung 17 liter, dan bisa memuat helm full face.

Nah, untuk mengisi bahan bakar pada TVS Classic caranya dengan membuka kunci tutup tangki yang letaknya berada di atas lampu belakang. (Adi/R5/HR-Online)