4 Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Mudah Dijalankan Tapi Menguntungkan!

Usaha sampingan ibu rumah tangga
Ilustrasi usaha sampingan ibu rumah tangga. Foto: Istimewa

Ada berbagai macam usaha sampingan ibu rumah tangga yang potensial untuk dijalankan. Meskipun ibu rumah tangga sangat terbatas mobilitasnya, namun sekarang sangat terbuka untuk bisa menjalankan bisnis sampingan yang menghasilkan.

Selama ini tak sedikit ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang namun kurang dimanfaatkan. Bahkan banyak yang ingin memiliki kegiatan usaha namun bingung bisnis apa yang bisa dijalankan sebagai sambilan.

Sebenarnya ada banyak pilihan buat ibu rumah tangga ingin mendapatkan penghasilan tambahan saat berada di rumah. Anda juga tak perlu bekerja ke luar rumah yang mungkin justru merugikan keluarga.

Baca juga: Bisnis Online yang Cocok untuk Mahasiswa, Modal Semangat Tapi Menjanjikan

Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan bisnis sampingan dari rumah. Usaha sampingan ibu rumah tangga ini selain bisa dijalankan sambil mengurus anak di rumah juga pastinya memberikan keuntungan.

Menjalankan usaha sampingan dirasa sangat cocok bagi ibu rumah tangga. Selain bisa dilakukan cukup di rumah saja, bisnis sambilan ini tidak akan menyita waktu dan perhatian Anda untuk anak-anak.

Rekomendasi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan

Saat ini ada begitu banyak bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga yang bisa dipilih. Berikut ini rekomendasi usaha sampingan kaum ibu yang menghasilkan dan mudah Anda jalankan.

Usaha Makanan Ringan

Makanan sudah pasti menjadi kebutuhan utama sehari-hari. Usaha makanan ibu rumah tangga bisa untuk menambah penghasilan keluarga. Apalagi jika Anda memang memiliki banyak waktu luang.

Ada banyak sekali pilihan makanan ringan yang bisa dibuat. Seperti makaroni, seblak, cireng, batagor, atau roti kering. Semua makanan tersebut sangat mudah dibuat dengan modal kecil dan bisa dijual langsung di rumah.

Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki ketertarikan dalam bidang seni, anda bisa membuka usaha kerajinan tangan. Banyak sekali produk yang bisa dibuat dengan mudah. Apalagi banyak video pembelajaran di Youtube tentang pembuatan kerajinan.

Bisnis kerajinan tangan merupakan usaha sampingan ibu rumah tangga yang minim risiko dibandingkan bisnis makanan. Selain tidak mudah rusak dan modal kecil, kerajinan juga berlaku lama dan bisa dijual hingga kapan pun.

Untuk pemasarannya Anda bisa memanfaatkan marketplace yang ada, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak. Pendaftaran di e-commerce itu gratis. Anda juga bisa lebih memanfaatkan Facebook untuk berjualan ketimbang untuk bergosip.

Kelebihan berbinis kerajinan adalah keuntungannya yang tidak kecil. Apalagi jika produk yang Anda buat memiliki keunikan sehingga bisa menawarkannya dengan harga berapapun. Tak sedikit ibu rumah tangga yang sukses dalam bisnis ini.

Berjualan Pulsa dan Kuota Internet

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang juga bisa dicoba yaitu berjualan pulsa dan kuota data internet. Saat ini kebutuhan internet sudah menjadi hal yang utama. Banyak pula orang desa yang sudah menggunakan smartphone.

Tanpa adanya pulsa dan kuota data, smartphone kurang fungsional. Karena itulah usaha ini memiliki peluang yang besar. Meski keuntungan tiap transaksi tidak banyak, namun jika rutin dan banyak yang membeli tentunya akan cukup memuaskan.

Bisnis Dropship

Usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal yang terakhir adalah dengan menjadi Dropshipper. Menjadi seorang dropshipper bukanlah hal yang sulit karena Anda hanya perlu memahami mengenai sistem bisnis ini dengan benar.

Dalam sistem dropship anda hanya bertugas sebagai penjual yang menjualkan barang milik orang lain. Saat ada pembeli yang tertarik dan membeli produk Anda, dia akan mentransfer uang ke rekening Anda.

Baca juga: Peluang Bisnis Online Modal Kecil Tapi Menjanjikan

Selanjutnya Anda harus mentransfer lagi ke pemilik produk senilai harga dasar plus ongkos kirim. Setelah itu pemilik barang yang akan mengirimkan produk ke pembeli dengan atas nama usaha Anda.

Menjalankan bisnis dropship tidak membutuhkan modal sedikitpun, kecuali internet. Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang Anda tentukan. Namun agar berhasil, sebaiknya harga jual Anda tidak melebihi harga pasaran.

Itulah berbagai jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang sangat potensial namun mudah dijalankan tanpa mengganggu kewajiban Anda. Meski sambilan, namun jika bisnis ini dijalankan dengan fokus, tentunya hasil akan berbicara. (R9/HR-Online)