Vespa Kongo Harganya Makin Melejit

Vespa Kongo Harganya Makin Melejit

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Vespa Kongo harganya makin melejit. Siapa yang tidak mengenal motor vespa? Vespa adalah merek jenis sepeda motor skuter yang dibuat di Italia. Motor ini pertama kali diproduksi pada tahun 1946.

Ada beberapa jenis sepeda motor vespa yang beredar di Indonesia. Salah satunya adalah vespa kongo yang cukup melegenda.

Asal-Usul Vespa Kongo

Sejarah Vespa Kongo

Vespa ini memiliki bentuk yang hampir tidak ada bedanya dengan vespa biasa. Nama kongo berasal dari nama tempat ditugaskannya anggota TNI yang masuk ke dalam KONGA (Kontingen Garuda).

Motor ini diberikan sebagai penghargaan oleh pemerintah pada masa itu atas jasa para TNI.

Jika motor vespa pada umumnya dirakit di Italia, lain halnya dengan vespa jenis ini yang dirakit di Jerman pada tahun 1958.

Perbedaan dengan Versi Lain

Perbedaan paling mencolok pada vespa kongo dibandingkan dengan vespa jenis lain adalah dari lambang garuda pada bodi motor di bagian kiri depan.

Bagian samping kanan dan kiri vespa ini berbentuk bulat seperti telur. Untuk speedometer memang beda dengan versi lain, karena untuk versi ini berbentuk kotak besar yang terletak di bagian depan.

Selain dari tampilan luar, perbedaan lainnya juga dilihat dari velg vespa ini yang mempunyai ring lebih besar dari vespa jenis lainnya.

Pada vespa jenis ini terdapat saklar yang terletak di sebelah kiri setang. Saklar ini berfungsi untuk menyalakan mesin motor vespa ini.

Jumlah Terbatas

Dikarenakan vespa kongo adalah motor yang diberikan secara khusus dari pemerintah kepada pasukan TNI yang berhasil menjaga perdamaian di Konga, jumlah yang beredar di pasaran juga sangat terbatas. Hanya anggota TNI yang mempunyai motor jenis ini.

Sejak saat itu, minat masyarakat terhadap vespa ini semakin banyak. Hal ini membuat produsen motor vespa mengeluarkan vespa jenis VGLA dan VGLB untuk dijual pada masyarakat luas.

Sebagian dari seri tersebut mempunyai kesamaan dengan vespa kongo yang dimiliki oleh para anggota TNI.

Harga Jual Kian Melejit

Sampai saat ini, tentu saja tidak banyak orang yang mempunyai motor Vespa Kongo. Akan tetapi, bagi para pecinta barang unik dan antik, tentu masih menjadi incaran.

Karena jumlah motor vespa kongo yang sudah sangat sedikit di Indonesia, harga jual yang ditawarkan kepada pengoleksi barang antik cukup fantastis.

Harga jual motor vespa ini bisa ditawarkan mulai dari 50 juta rupiah. Harga yang terbilang fantastis mengingat sudah banyak sepeda motor matic dengan teknologi yang jauh lebih unggul.

Itulah sekilas tentang motor vespa kongo yang melegenda. Bagi Anda para pecinta motor vespa, tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan vespa langka ini. Apakah Anda berminat untuk memiliki vespa yang satu ini? (Deni/R4/HR-Online)