Virus Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Manusia

Virus Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Manusia

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Virus paling mematikan sepanjang sejarah manusia. Virus adalah sejenis mikroorganisme yang bersifat patogen dan menginfeksi sel makhluk hidup.

Karena virus tidak bisa bereproduksi sendiri, maka virus hanya bisa hidup dan berkembang dalam sel makhluk hidup.

Virus bisa menyerang semua makhluk hidup, termasuk manusia, binatang, tumbuhan dan bisa berakibat kematian. Berikut daftar virus paling mematikan yang pernah menyerang manusia.

Marbug

Marbug adalah virus yang ditularkan oleh binatang monyet yang telah terinfeksi. Virus ini pertama kali berkembang di negara Jerman pada tahun 1967.

Orang yang terkena virus marbug akan mengalami demam tinggi yang bisa mengakibatkan penderita mengalami syok.

Bila tidak segera mendapatkan penanganan, penderita akan mengalami gagal organ yang bisa mengakibatkan kematian.

Virus marbug pernah menyerang manusia dalam dua periode. Periode pertama terjadi pada tahun 1967 di negara Jerman. Pada masa ini, angka kematian mencapai 25 persen.

Periode lain terjadi di negara Kongo pada kisaran tahun 1988-2000. Angka kematian yang disebabkan virus ini mencapai 80 perna.

Tidak heran, jika virus marburg masuk dalam daftar virus paling mematikan yang menyerang manusia.

Ebola

Hampir sama dengan virus marburg, virus ebola ditandai dengan gejala demam tinggi pada penderita yang terinfeksi. Virus ini pernah mewabah di Sudan dan Kongo pada tahun 1976.

Virus ebola bisa ditularkan dengan cara bersentuhan langsung dengan binatang yang terinfeksi. Virus ini juga bisa ditularkan lewat cairan, darah manusia atau binatang yang terinfeksi.

Gejala yang ditunjukkan saat terkena virus ebola juga bervariasi. Meskipun pada awalnya penderita akan mengalami demam tinggi, tetapi pada virus ebola jenis reston, penderita tidak merasakan sakit apapun, tetapi bisa menyebabkan kematian.

Sementara virus ebola jenis bundibugya pernah mewabah di Kongo dan menyebabkan kematian sebesar 71 persen.

HIV

HIV atau nama panjangnya Human Immunodeficiency Virus ini pernah sangat populer pada sekitar tahun 1981.

HIV adalah jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia secara perlahan dan permanen, sehingga manusia tidak memiliki kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Akibatnya, tubuh sangat rentan terhadap serangan virus, bakteri atau kuman sekecil apapun sehingga gampang sakit.

HIV pernah menyerang dalam wabah pandemi sekitar tahun 1976 di negara Kongo. Akibat virus ini, hingga tahun 1981 tercatat lebih dari 36 juta orang mati.

Virus ini tidak bisa dihilangkan dari tubuh yang sudah terinfeksi. Tetapi, virus yang bisa ditularkan melalui darah, air liur, dan hubungan “suami istri” ini bisa diperlambat pertumbuhannya dengan mengkonsumsi obat rejimen anti retroviral selama hidupnya.

Rabies

Rabies ditularkan melalui gigitan binatang seperti anjing dan kucing. Virus ini bisa menyebabkan kematian karena kerja virus ini menghancurkan sel-sel otak.

Sebenarnya tubuh manusia mempunyai antibodi yang bisa melawan virus rabies. Tetapi  manusia yang digigit binatang yang terinfeksi virus ini, bisa berakibat kematian. Virus ini pernah mewabah pada hampir di semua negara sekitar tahun 1920.

Virus memang tidak bisa terlihat secara kasat mata, tetapi keberadaannya bisa menyebabkan banyak sekali masalah pada umat manusia.

Semoga virus yang masuk dalam daftar virus paling mematikan dalam sejarah manusia ini tidak pernah lagi menyerang manusia, apalagi menjadi wabah di dunia. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...