Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisWabup Ciamis Minta Toko Modern Jalin Kerjasama dengan Pelaku UMKM

Wabup Ciamis Minta Toko Modern Jalin Kerjasama dengan Pelaku UMKM

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, meminta toko modern atau swalayan menjalin kerjasama dengan para pelaku Usaha Menegah Kecil Mikro (UMKM) di Ciamis.

Demikian disampaikan Wabup Ciamis saat menerima kunjungan dan audensi dari PT Indomarco Prismatama Wilayah Cirebon di ruang Oproom Setda Ciamis, Jum’at (6/3/2020).

“Pasar modern mesti menjalin kemitraan dengan para pelaku UMKM, ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Ciamis,” ujar Yana.

Audiensi tersebut dihadiri staf ahli Bupati, assisten daerah beserta sejumlah kepala SKPD. Audensi ini dilakukan PT Indomarco Prismatama untuk membahas kerjasama penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan usaha menegah kecil mikro (UMKM) dan kurasi produk UMKM Ciamis 2020.

“Saya atas nama pemerintah Ciamis, menyambut baik rencana PT Indomarco yang membawahi minimarket Indomaret yang tersebar di Ciamis, untuk mengadakan pelatihan kewirausahaan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, lewat pelatihan kewirausahaan yang akan dilakukan PT Indomarco ini, kedepan produk para pelaku UMKM Ciamis akan tembus di pasar modern terutama di minimarket yang mempunyai banyak jaringan.

“Kita juga berharap pelaku UMKM Ciamis bisa mengahasilkan produk yang mencapai standarisasi mutu sesuai dengan kriteria toko modern (Indomaret),” jelasnya.

Diakui Yana, saat ini di kalangan masyarakat Ciamis masih terjadi gejolak-gejolak terkait keberadaan toko modern. Hal tersebut erat kaitannya dengan masalah persaingan usaha yakni antara pasar modern dengan pasar tradisional.

“Saya berharap kedepan tidak terjadi lagi, dan akan ada solusi kerjasama yang menguntungkan antara kedua belah pihak, baik itu pasar modern ataupun pasar tradisional,” katanya.

Yana menyebut, saat ini di Ciamis terdapat 6 supermarket, 73 toko swalayan jaringan dan 9 non-jaringan. Untuk toko swalayan yang ada dibawah Indomaret ada sebanyak 28 toko di Ciamis.

Yana pun berharap Indomaret bisa bekerjasama dalam rangka meningkatkan promosi daerah utamanya sektor pariwisata, dengan cara menginformasikan destinasi wisata Ciamis pada merchant-merchant yang tersebar di Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Wakil Kepala Cabang Cirebon PT Indomarco Prismatama Untung Waluyo menyatakan, pelatihan bagi para pelaku UMKM di Ciamis akan dilakukan bulan April 2020 nanti.

“Pelatihan kewirausahaan ini, sebagai bukti bentuk kepedulian Indomaret terhadap pelaku usaha, pelatihan ini dibiayai dari CRS PT Indomarco Prismatama,” katanya.

Pelatihan kewirausahaan bagi UMKM nantinya akan diisi dengan pengarahan ilmu dan syarat agar produk UMKM bisa masuk di Indomaret. Narasumber atau pemateri yang akan dihadirkan yakni orang-torang ahli di bidang packaging. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -