Waduh, Sungai di Kawali Ciamis jadi Alternatif Buang Sampah

Sungai di Kawali Ciamis jadi Alternatif Buang Sampah
Sampah berserakan di jembatan Poronggol yang berada di Desa Kawali Mukti, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan masih rendah. Indikasi tersebut terlihat dari masih adanya orang yang buang sampah sembarangan, termasuk ke sungai.

Seperti yang terjadi di aliran sungai dan di jembatan Poronggol, yang berada di wilayah Desa Kawali Mukti, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Sungai tersebut menjadi alternatif sebagai tempat pembuangan sampah.

Toha, warga sekitar mengatakan, banyaknya ditemukan sampah di atas jembatan membuktikan masih rendahnya kesadaran masyarakat.

Menurutnya, masih adanya yang buang sampah sembarangan, selain berdampak pada kesehatan juga mempengaruhi keindahan lingkungan.

Sebab, katanya, disaat tumpukan sampah membusuk, mengeluarkan bau menyengat juga dikerumuni lalat.

“Sampah yang menumpuk di atas jembatan dan aliran sungai jelas merupakan ancaman bagi kesehatan. Sebab, di bagian hilir dari aliran air sungai itu dimanfaatkan warga untuk mandi dan mencuci,” terangnya kepada HR Online, Sabtu (21/3/2020).

Menurut Toha, para pembuangan sampah di atas jembatan Poronggol itu dapat dipastikan bukan warga setempat.

“Namun, orang dari luar daerah yang sengaja buang sampah di atas jembatan, yang dilakukannya pada malam hari,” ucapnya.

Toha menambahkan, kebiasaan buruk masyarakat dalam membuang sampah di atas jembatan sudah berlangsung lama. Sehingga, di atas jembatan poronggol setiap harinya selalu dipenuhi tumpukan sampah.

Menyikapi masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah, Toha berharap agar dinas terkait maupun setiap pemerintah desa bisa memberikan imbauan, supaya tidak ada yang membuang sampah sembarangan. Baik di lingkungan desanya apalagi membuang sampah ke tempat lain.

“Sebagai masyarakat, hanya bisa berharap agar masyarakat yang memiliki kebiasaan buruk bisa cepat sadar, buang sampah pada tempatnya,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online)

Loading...