Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita TerbaruWaktu Terbaik Makan Buah untuk Kesehatan

Waktu Terbaik Makan Buah untuk Kesehatan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Waktu terbaik makan buah untuk kesehatan. Selalu ada waktu terbaik untuk makan, entah itu saat sarapan, makan siang, makan malam, dan juga tentang makan buah.

Makan buah pun perlu perhitungan sendiri supaya ketika dimakan gizinya lebih bisa optimal diserap oleh tubuh untuk menunjang kesehatan. Berikut ini adalah perhitungan waktu yang paling baik untuk makan buah.

Waktu Terbaik Makan Buah

Makan Buah Saat Pagi Hari

Selama tidur, tubuh berhenti mencerna makanan dan membuat perut kosong. Kemudian, mengonsumsi buah sebagai awal pagi, bisa menambah fruktosa yang baik untuk tubuh.

Apalagi ketika mengonsumsi buah yang mudah dicerna, nutrisi akan lebih cepat menyebar dan dijadikan energi selama pagi sampai saatnya waktu makan siang datang.

Tunggu 1 sampai 2 jam kemudian Anda bisa mengonsumsi makanan utama. Karena dengan begitu, tubuh memiliki waktu untuk mencerna sepenuhnya makanan, sehingga Anda tidak merasa kembung dan usus pun bersih.

Hindari Makan Buah Bersamaan dengan Makanan Utama

Ada yang mengatakan bahwa makan buah sambil makan makanan utama bisa memperlambat nutrisi yang didapat dari makanan utama untuk dicerna oleh tubuh.

Hal ini memang benar, tapi sekalipun memperlambat kerja pencernaan, itu hanya sedikit. Namun, memang sebaiknya tidak mengonsumsi buah dan makanan utama secara bersamaan, karena akan membuat gas dalam perut meningkat.

Selain itu, makan buah dengan makanan lain bisa menyebabkan fermentasi dalam tubuh yang memicu berbagai masalah pencernaan, seperti kembung, mulas dan diare.

Makan Buah sebagai Camilan

Waktu terbaik makan buah selanjutnya ialah ketika setelah makan siang, atau sekitar jam 3 sampai jam 6 sore. Jadikan buah sebagai camilan.

Namun disarankan untuk anda mengonsumsi buah sekitar jam 3 atau 4 sore. Ini memberikan waktu untuk agar buah bisa dicerna oleh tubuh dengan lebih baik.

Tepatnya, sebelum waktu makan malam datang. Mengonsumsi buah juga bisa menjadi snack sehat untuk Anda yang sedang diet.

Makan Buah Sebelum Olahraga

Anda mungkin sering bingung, kapan waktu makan buah yang tepat, apakah setelah olahraga atau malah sebelum olahraga.

Nah, maka jawaban yang tepat atas pertanyaan tersebut adalah sebelum olahraga. Kenapa? Karena buah mengandung gula dan karbohidrat yang melimpah, sehingga dapat menjadi penyeimbang saat olahraga yang mengeluarkan banyak keringat.

Jenis buah yang baik dikonsumsi sebelum olahraga adalah buah yang mudah dicerna oleh tubuh, seperti pisang dan mangga.

Hindari Makan Buah Sebelum Tidur

Ternyata, waktu terbaik makan buah bukanlah saat malam hari atau sebelum tidur. Buah mengandung banyak gula, karenanya bisa membuat Anda sulit tidur.

Namun di balik itu semua, buah bisa menjadi pengganti kopi yang baik jika Anda memang bermaksud untuk begadang. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -