Warga PLO Banjarsari Ciamis Minta Perbaikan Kirmir Anak Sungai Cikaso

Warga PLO Banjarsari Ciamis Minta Perbaikan Kirmir Anak Sungai Cikaso
Abrasi tebing anak sungai Cikaso, tepatnya terjadi di Dusun Cibeureum RT 34 RW 08, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari. Foto:Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Warga PLO Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berharap ada upaya perbaikan tebing anak sungai Cikaso dari pemerintah. Pasalnya saat ini, tebing tersebut mengalami abrasi pasca di terjang banjir pada pekan lalu.

Abrasi tebing anak sungai Cikaso, tepatnya terjadi di Dusun Cibeureum RT 34 RW 08, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari. Warga ssetempat khawatir, abrasi tebing tersebut akan merobohkan sebuah jembatan penghubung antara desa Banjarsari dengan Desa Cibada,k Kecamatan Banjarsari.

Salah seorang warga PLO Banjarsari, Edi mengakui, jika warga saat ini  berharap adanya upaya perbaikan kirmir oleh pemerintah yang kini rusak akibat abrasi sungai.

“Jika ini tidak segera di perbaiki, kami khawatir nantinya akan menggerus jembatan penghubung antar desa. Apalagi jembatan ini salah satu jalur alternatif terdekat warga untuk menuju pusat perkotaan,” ujarnya Rabu (4/3/2020).

Menurut edi, abrasi di anak sungai Cikaso tersebut terjadi pada Sabtu (29/2/2020) lalu diakibatkan meluapnya air anak sungai Cikaso.

“Derasnya air membuat puluhan meter tebing sungai menagalami abrasi dan menggerus jalan lingkungan serta mengancam jembatan,” pungkasnya.  (Suherman/R8/HR Online)