Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita PangandaranWarga Sukaresik Pangandaran Adukan Seorang Turis Asing ke Polisi

Warga Sukaresik Pangandaran Adukan Seorang Turis Asing ke Polisi

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Seorang turis asing bernama Norbert Josef, asal Swiss, dilaporkan warga Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kepada pihak kepolisian setempat.

Turis asing tersebut dilaporkan warga karena dianggap arogan dan bermain jetski di Sungai Citonjong, Kecamatan Sidamulih, sehingga meresahkan dan membahayakan para nelayan yang sedang menangkap ikan di sungai tersebut.

Seperti yang dikatakan Edi, warga Dusun Cipari, RT. 06/02, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, kepada HR Online, Kamis (05/03/2020), bahwa warga Sukaresik ramai-ramai datang ke Mapolsek Sidamulih untuk menceritakan seputar perilaku turis asing bernama Norbert asal Swiss.

“Dengan bermain jetski di Sungai Citonjong sambil ngebut tentunya hal itu bisa membahayakan para nelayan yang sedang mencari ikan di sungai, terlebih lagi bagi nelayan yang sedang ngajodang otomatis terganggu,” kata Edi.

Senada disampaikan Dadi, warga Sukaresik lainnya yang menyebutkan bahwa Sungai Citonjong merupakan salah satu lokasi bagi warga Sukaresik untuk mencari ikan dengan cara menjaring atau ngajodang, dan memancing.

“Namun, dengan adanya turis yang bermain jetski, warga otomatis protes karena terganggu. Untuk itu warga pun melaporkan hal tersebut kepada pihak kepolisian agar diberikan teguran supaya tidak bermain jetski lagi di Sungai Citonjong,” ungkapnya.

Bahkan warga, terutama yang selalu beraktifitas menangkap ikan di Sungai Citonjong, juga sudah melaporkan kepada pihak desa supaya menegur turis tersebut.

“Namun hasilnya nihil, makanya warga mendatangi Polsek Sidamulih. Pada intinya warga berharap Norbert tidak arogan dan tidak seenaknya bermain jetski di Sungai Citonjong,” kata Dadi.

Terkait masalah tersebut, Kapolsek Sidamulih, Iptu. Jaja Hidayat, mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi warga yang ingin melakukan mediasi dengan warga negara asing tersebut.

“Secara prinsip permasalahan tersebut sudah selesai, tapi secara tertulis warga dan Norbert belum, karena mediasi nanti warga minta pihak Imigrasi hadir. Jika pihak Imigrasi sudah hadir besok apa lusa, kita akan panggil yang bersangkutan,” kata Jaja. (Ntang/R3/HR-Online)

- Advertisment -