Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita CiamisWarga Swadaya Perbaiki Jembatan Penghubung Dua Desa di Cijeungjing Ciamis

Warga Swadaya Perbaiki Jembatan Penghubung Dua Desa di Cijeungjing Ciamis

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Jembatan Cibuyut yang menjadi penghubung antara Dusun Desa, Desa Kertabumi, dengan Dusun Sukalena, Desa Cijeungjing, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya sudah sangat memprihatinkan dan berbahaya jika dilewati warga.

Adang, salah seorang warga setempat, mengatakan, keberadaan Jembatan Cibuyut yang terbuat dari bambu itu memang menjadi salah satu akses yang sering dilewati warga dari dua wilayah tersebut. Terlebih Jembatan Cibuyut merupakan jalur alternatif terdekat.

“Saat ini kondisi jembatan sudah rusak parah, namun warga masih tetap melewatinya, bahkan banyak warga yang akan menggarap lahan pesawahan selalu lewat jembatan itu. Karena di sekitar jembatan juga banyak lahan pertanian warga,” tuturnya, kepada HR Online, Kamis (19/03/2020).

Lebih lanjut Adang mengatakan, keberadaan jembatan bambu yang terbentang di atas Sungai Cibuyut sudah ada sejak tahun 2004. Sehingga, jembatan bambu yang dibentang dengan kawat seling itu menjadi jalur alternatif untuk dilewati warga setiap harinya.

Agar jembatan tersebut bisa tetap dilewati warga dengan aman, kini warga pun melakukan swadaya untuk memperbaikinya. Karena jika dibiarkan tanpa diperbaiki bisa berbahaya, apalagi kondisinya sudah rusak. Bambu yang digunakan sebagai pijakan tidak sebaik saat awal pembuatannya.

“Kini warga mulai memperbaiki jembatan secara swadaya dan gotong-royong. Sekarang ini sedang membangun bagian tiangnya untuk mengaitkan besi seling, yang nantinya sebagai tempat menyimpan bambu-bambu sebagai landasan jembatan,” kata Adang.

Karena tidak menggunakan anggaran pemerintah, maka pihaknya menerima siapa saja yang ingin memberikan bantuan untuk perbaikan jembatan, baik berupa pasir, semen, maupun besi supaya jembatan cepat selesai diperbaiki, dan menjadi jalur yang tetap bisa dilewati warga. (es/R3/HR-Online)

- Advertisment -