Waspada Covid-19, Lapas Kelas II B Kota Banjar Cek Kesehatan Petugas dan Warga Binaan

Para warga binaan saat mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis. Foto: Muhlisin/HR.
Para warga binaan saat mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Sebagai deteksi dini masuknya Virus Corona (Covid-19) di lingkungan lembaga pemasyarakatan, pihak Lapas Kelas II B Kota Banjar, Jawa Barat, melakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas Lapas dan para warga binaan, Kamis (19/03/2020).

Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan langsung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar bersama petugas kesehatan yang ada di Lapas terhadap 67 petugas dan 288 warga binaan.

Kepala Lapas Kelas II B Kota Banjar, Bawono Ika Sutomo, mengatakan, selain melakukan pemeriksaan kesehatan, para warga binaan juga diberikan sosialisasi tentang pemahaman gejala Virus Corona, dan pencegahan melalui perilaku hidup bersih dan sehat PHBS.

“Untuk hasil pemeriksaan kesehatan nanti kita laporkan langsung ke Pemerintah Kota Banjar dan Dirjen Pemasyarakatan,” kata Bawono.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, pihak Lapas juga melakukan penundaan sementara kunjungan keluarga warga binaan yang bersifat langsung, dan meniadakan kegiatan yang bersifat kelompok.

Pihak Lapas juga memberlakukan Work From Home (WHM) atau bekerja di rumah bagi pegawai Lapas yang telah berusia 50 tahun ke atas, dan pegawai yang kesehatannya kurang fit.

“Untuk penundaan kunjungan sementara diganti dengan video call di area Pos Wasrik pengunjung yang sudah disiapkan petugas,” pungkas Bawono. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Aegis Boost Pro