Kamis, Mei 19, 2022
BerandaTeknologiAplikasiWhatsApp Dark Mode Desktop, Berikut Cara Mengaktifkannya

WhatsApp Dark Mode Desktop, Berikut Cara Mengaktifkannya

WhatsApp Dark Mode desktop merupakan salah satu fitur yang sangat dinantikan. Fitur ini pada akhirnya bisa digunakan pada perangkat desktop. Selain itu, juga bisa dipakai untuk Android dan iPhone.

Facebook secara resmi belum merilis fitur tersebut. Agar lebih stabil dan tidak ada bug, maka fitur yang terdapat di aplikasi WhatsApp ini perlu banyak uji coba dari para pengguna.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode Desktop

WhatsApp adalah salah satu layanan pesan instan yang saat ini paling populer. Aplikasi ini sudah tersedia pada Android, iOS, Windows Phone, Windows PC serta Mac OS.

WhatsApp versi desktop memerlukan sambungan yang disinkronkan aktif dengan para pengguna iOS atau Android. Dengan demikian, pemakainya untuk pengguna masih dibatasi. Dark Mode desktop baru melewati tahap pengujian.

Namun, penggunaan WhatsApp via desktop akan memberikan manfaat besar bagi anda yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Sehingga anda tidak perlu mengangkat telepon anda saat akan menerima pesan.

XDA Member m4heshd telah membuat mod styling untuk WhatsApp Dark Mode desktop. Mode gelap akan membantu mata agar tidak mudah lelah saat dihadapkan dengan layar yang cukup lama.

Mod ini menggunakan skrip instalasi NodeJS yang menargetkan elemen untuk UI. Tidak memerlukan kode yang mendasari kerjanya.

Mod ini tidak akan membagikan pesan atau data anda yang lain dengan pihak pengembangnya. Untuk itu, anda perlu menginstal klien desktop.

Mod yang digunakan benar-benar open source. Anda dengan mudah dapat melihat kode di bawah mod atau tema, bahkan membangunnya sendiri.

Untuk dapat menginstal mod, caranya dengan mengunduh file yang relevan dengan sistem yang anda gunakan. Misalnya saja, Windows x86, Windows x64, atau macOS. Jalankan WhatsApp Dark Mode desktop saat komputer sedang dioperasikan.

Facebook merekomendasikan untuk tidak menghapus folder skrip sesudah melakukan instalasi. Hal tersebut secara otomatis dapat membuat cadangan sumber WhatApp asli. Apabila anda ingin menghapus mod atau kembali ke tema yang asli.

Manfaat Dark Mode Desktop

Dark Mode desktop bila digunakan akan dapat memberikan banyak manfaat. Salah satu diantaranya adalah lebih menghemat baterai. Karena daya yang dibutuhkan lebih sedikit.

Selain itu, Dark Mode juga lebih menyehatkan mata para pengguna. Karena paparan cahaya yang diterima lebih sedikit. Fitur Dark Mode dapat segera anda gunakan.

Cara mengaktifkannya pun terbilang sangat mudah. Tidak hanya di ponsel saja, namun WhatsApp Dark Mode desktop juga bisa diterapkan. Fitur ini telah dikembangkan untuk dapat digunakan dalam beberapa perangkat.

Fitur mode gelap ini pengujiannya belum dikembangkan dan tersedia dalam desktop. Pengguna bisa mencobanya melalui Stylus untuk Chrome dan Firefox.

WhatsApp Web dapat didownload dan digunakan secara cuma-cuma. Pengguna Vednoc sudah menciptakan dark stylesheet untuk itu. Namun, hal ini bukanlah dari versi resminya tapi fungsinya sama.

Manfaat Menggunakan WhatsApp Dark Mode

WhatsApp Dark Mode desktop ternyata mempunyai beberapa manfaat yang kebanyakan orang belum mengetahuinya. Berikut kegunaannya.

1. Menciptakan Kontras yang Lebih Baik

Mode gelap, salah satu fungsinya adalah menjadikan layar kontras dan lebih baik. Cahaya yang dikeluarkan dapat diminimalisir. Sehingga tidak akan begitu terang meskipun berada di tempat yang gelap.

Jadi, anda akan mendapatkan pencahayaan yang terbaik dari desktop. Saat malam hari di tempat yang gelap sekalipun tidak akan menjadi masalah.

Saat mode gelap diterapkan, mata akan lebih fokus pada hal-hal yang berada di layar. Hal tersebut dikarenakan cahaya yang dipancarkan berkurang. Dengan demikian, para pengguna dapat membaca tulisan secara jelas.

WhatsApp Dark Mode desktop akan membuat layar lebih redup sehingga akan memberikan tampilan yang lebih menarik. Background pada tampilan biasanya akan berubah warna. Warna hitam atau lebih gelap akan membuat tampilan semakin elegan.

2. Menghemat Baterai

Penggunaan mode terang akan mengkonsumsi baterai lebih banyak. Hal ini disebabkan karena kontras cahaya yang dihasilkan lebih banyak.

Sehingga desktop mudah panas dan baterainya cepat habis. Dengan adanya Dark Mode, kontras cahaya dapat diatur dan baterai lebih hemat.

3. Mata Tidak Mudah Lelah

Terus menerus menatap layar dalam mode terang akan membuat mata cepat merasa lelah. Namun, penggunaan mode gelap mampu mengurangi kelelahan mata.

Mata tidak perlu bekerja dengan keras saat cahaya tak terlalu banyak. Kondisi mata akan tetap basah dan tidak harus sering mengedipkan kelopak mata.

WhatsApp Dark Mode desktop mempunyai banyak manfaat. Kita tunggu saja kehadirannya agar penggunaan desktop semakin nyaman. (R10/HR-Online)

- Advertisment -