Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariWilayah Banjarsari Ciamis Masih Zona Hijau Covid-19, Masyarakat Diimbau Tetap Waspada!

Wilayah Banjarsari Ciamis Masih Zona Hijau Covid-19, Masyarakat Diimbau Tetap Waspada!

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Hingga hari ini, Senin (30/03/2020), wilayah Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat masih pada status zona hijau (zona aman) dari penyebaran virus corona (Covid-19).

Kepala UPTD Puskesmas Banjarsari, Agus Sudarisman, menjelaskan, dari catatan kesehatan di dua Puskesmas yang ada di Kecamatan Banjarsari, saat ini jumlah OTG (Orang Tanpa Gangguan) ada 293 orang, ODP (Orang Dalam Pantauan) 9 orang, dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 1 orang, sehingga jumlah dari dua Puskesmas sebanyak 303 orang, dan ini masih aman.

“Kami mengharapkan kepada masyarakat Banjarsari untuk tetap waspada, meskipun saat ini wilayah Banjarsari masih dikategorikan zona hijau. Perlu diketahui juga bahwa ODP itu bukan berarti orang yang positif corona. Karena selama ini masih banyak warga yang kurang faham akan arti dari ODP, dianggapnya ODP itu mereka yang terkena virus corona,” terangnya, Senin (30/03/2020).

Hati-hati saat Melakukan Penyemprotan Disinsfektan

Saat ini antusias warga dalam melakukan penyemprotan cairan disinsfektan kian gencar dilakukan. Namun dalam hal ini, Agus juga mengimbau agar warga lebih berhati-hati dan memahami, serta tahu soal takaran cairan disinsfektan yang digunakan.

“Penyemprotan disinsfektan memang bagus untuk membunuh kuman atau virus, tapi kita juga harus tetap memperhatikan dosis obat atau bahan yang digunakan sehingga tidak menjadi racun kepada warga itu sendiri,” katanya.

Agus mengingatkan, cairan disinsfektan juga tidak dibolehkan untuk disemprotkan ke tubuh manusia apalagi wajah. Karena, fungsi disinsfektan itu adalah untuk membunuh serangga.

“Boleh menyemprotkan cairan ke tubuh atau wajah, namun itu tentunya cairan yang digunakannya adalah cairan anti septik, bukan disinsfektan,” terangnya. (Suherman/R3/HR-Online)

- Advertisment -