Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisUbah Stigma Buruk, XTC Sindangkasih Ciamis Rutin Gelar Baksos

Ubah Stigma Buruk, XTC Sindangkasih Ciamis Rutin Gelar Baksos

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Diulang tahunnya yang ke 10, ormas XTC PAC Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memberikan sumbangan ke pesantren Baiturohim, Sindangkasih, Minggu (1/3/2020).

Ketua XTC Sindangkasih Arig Priyadi mengatakan, sumbangan ke pesantren tersebut merupakan bentuk kepedulian dari seluruh anggota XTC Sindangkasih. “Kita akan terus melakukan aksi sosial seperti ini, tak hanya saat anniversary namun juga pada momen lainnya,” ujar Arig, disela-sela kegiatan syukuran potong tumpeng XTC Sindangkasih yang ke 10.

Dia pun berharap, di ulang tahun yang ke 10 ini, seluruh anggota XTC Sindangkasih dapat membangun nilai-nilai intelektualitas yang lebih maju, dan terus melawan stigma masyarakat yang mencap XTC sebagai genk motor.

“Maka dari itu kita tetap bergerak dengan masif melakukan kegiatan sosial kepada masyarakat dengan dana swadaya anggota. Ini kita lakukan demi mencapai sebuah organisasi yang bertanggung jawab sesuai degan fungsi organisasi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC XTC Kabupaten Ciamis, Gian Barmexs mengaku bangga melihat eksistensi XTC yang semakin dewasa ini.

“Dulu 12 tahun kebelakang, saat umur belasan tahun, kita pernah bercita-cita untuk dapat membesarkan organisasi ini, dan alhamdulilah sekarang mulai tercapai mimpi kita tersebut,” ungkap Barmexs.

Kata dia, kedepan XTC harus menjadi organisasi yang mandiri yang tidak tergantung kepada pemerintah. Sebaliknya, kita yang harus ikut meringankan beban pemerintah dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, salah satunya membantu masyarakat yang kurang beruntung.

Barmexs pun berpesan kepada seluruh anggota XTC Ciamis, agar senantiasa menjaga marwah organisasi sebaik-baiknya.

“Mengutip perkataan pendiri Muhamadiyah KH Ahmad Dahlan, beliau pernah berkata hidup hidupilah Muhamadiyah. Sekarang saya modifikasi kalimat tersebut, menjadi hidup hidupilah XTC, jangan hidup dari XTC sebelum berkontribusi terhadap XTC,” katanya seraya mengucapkan selamat hari jadi XTC Sindangkasih yang ke 10, semoga tetap kompak, jaya dan bisa berbuat untuk masyarakat.

Ditempat yang sama, Kapolsek Cikoneng, Kompol Widarjo mengapresiasi terhadap kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh XTC PAC Sindangkasih.

“Walaupun dulunya pernah punya sejarah kelam dalam tanda kutip menjadi trouble maker, tapi saya sekarang sangat berbangga sekali melihat XTC yang sekarang yang sudah bermetamorfosa, ibarat tadinya ulat sekarang sudah menjadi kupu-kupu  yang indah,” katanya.

Polsek Cikoneng pun akan terus mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh XTC PAC Sindangkasih.

Danramil Cikoneng Kapten Inf. Sutamat berharap, XTC PAC Sindangkasih bisa lebih baik lagi dan berkontribusi terhadap negara umumnya dan masyarakat kecamatan Sindangkasih pada khususnya.

Pihaknya juga berharap XTC ini tetap menjadi organisasi yang mandiri menjungjung tinggi nilai-nilai pancasila dan UUD dasar 1945 sebagai landasan negara.

“Tetap berkordinasi lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan positif, mari bersama-sama membantu masyarakat yang sedang dalam keadaan tidak baik, seperti contohnya bila ada bencana saya ingin melihat anggota XTC berseragam lengkap membantu korban bencana tersebut, sukses selalu untuk XTC PAC Sindangkasih,” katanya. (Jujang/R8/HR Online)

- Advertisment -