Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisBerstatus Migrasi Dalam Pantauan, 20.106 Orang yang Mudik ke Ciamis Harus Isolasi...

Berstatus Migrasi Dalam Pantauan, 20.106 Orang yang Mudik ke Ciamis Harus Isolasi Mandiri

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).-  Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) Covid-19 Ciamis melaporkan, hingga Minggu (5/4/2020) kemarin, jumlah pemudik dari luar Kabupaten Ciamis yang kini pulang kampung sudah mencapai 20.106.

Juru bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Ciamis Bayu Yudiawan menyebut, bagi pemudik yang berasal dari wilayah zona merah, PIK Covid-19 Ciamis mengeluarkan nomenklatur baru, yakni Migrasi Dalam Pemantauan (MDP).

Dari total MDP sebanyak 20.106 orang, sudah ada sekitar 5.027 orang yang telah selesai dalam masa pemantauan. Data tersebut diperoleh dari gugus tugas yang tiap hari berada di posko pemeriksaan di setiap perbatasan

“Sekarang yang dipantau itu ada sekitar 15.082 orang. Mereka dipantau oleh petugas dari Desa dan Kecamatan. Kemungkinan jumlah pemudik masih akan terus bertambah,” katanya, Senin (6/4/2020).

Kata Bayu, pemantauan terhadap mereka yang berstatus MDP ini dilakukan selama 14 hari. Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona. Pihaknya juga meminta kepada pemudik yang berasal dari zona merah seperti Jakarta, Bandung dan Bekasi, agar melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

“Tolong tetap berada di rumah saja, jika tidak ada kepentingan mendesak jangan keluar rumah. Selain itu, harus diingat jaga jarak dengan warga lainnya dan berperilaku hidup bersih sehat,” ungkap Bayu.

Lebih lanjut Bayu mengatakan, setiap pemudik yang baru datang dari luar Ciamis akan didata, dicek suhu tubuh lalu diberi arahan oleh petugas gugus tugas di masing-masing desanya. Jika saat dalam masa pemantauan mengalami sakit ataupun gejala lainnya, disarankan segera dibawa ke Puskesmas.

“Kita kerjasama dengan pemerintah Desa hingga RT/RW agar mereka melakukan pemantauan kepada para pemudik. Jika ada yang menunjukan gejala sakit disarankan  segera bawa ke Puskesmas. Bila harus dirujuk, akan langsung kami tindak lanjuti,” jelas Bayu.

Data Terkini Covid-19 di Kabupaten Ciamis

Berdasarkan data dari PIK Covid-19 Ciamis, perkembangan kasus Covid-19 di Ciamis hingga Senin (6/4/2020), Pasien Positif 1 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 10 pasien, 3 diantaranya selesai pengawasan, 6 masih dalam pengawasan dan 1 pasien meninggal dunia dengan hasil RDT negatif.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Ciamis terus meningkat seiring banyaknya pemudik. Jumlah ODP Ciamis kini mencapai 1. 265 orang, yang sudah selesai masa pemantauan sebanyak 182.

Bayu menambahkan, Kabupaten Ciamis sendiri belum dikatakan zona merah karena pasien yang positif Covid-19 tidak dirawat di Ciamis.

“Kabupaten Ciamis masih relatif aman dan mudah-mudahan tidak ada lagi yang kena,”tandasnya. (Fahmi2/R8/HR Online)