4 Tahun Jalan Penghubung Tiga Desa di Ciamis Rusak, Warga Minta Perbaikan

tiga desa di Ciamis
Jalan penghubung Desa Sukahaji, Sukahurip, dan Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis rusak parah. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jalan kabupaten yang juga jalan penghubung tiga desa di Ciamis rusak parah dan perlu perbaikan.

Jalan yang berlokasi di Desa Sukahaji menuju Desa Sukamaju, dan Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, kondisinya berlubang. Akibatnya saat melewati jalur tersebut, pengendara harus berhati-hati agar terhindar dari kecelakaan lantaran jalan aspal yang berlubang.

Asep Darajat, warga sekitar ketika ditemui HR Online, Rabu, (8/4/2020), mengatakan, kondisi jalan rusak sudah sejak empat tahun lalu. Namun, belum juga mendapat perbaikan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, padahal status jalan tersebut adalah jalan kabupaten.

“Kini kondisi jalan aspalnya banyak yang berlubang, sehingga dikeluhkan oleh warga yang melintas. Bahaya juga bagi pengendara yang tidak tahu kondisi jalan jika melewatinya saat malam hari,” ungkapnya.

Asep melanjutkan, kerusakan jalan hampir terjadi di seluruh badan jalan, sehingga sudah layak untuk segera diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis. Terlebih jalur tersebut paling ramai dilalui warga yang menjalankan roda perekonomian.

“Jalan tersebut merupakan akses utama lintas desa sebagai penunjang sarana dan prasarana transportasi lancarnya laju perekonomian tiga desa yaitu desa Sukahaji, Sukahurip dan desa Sukamaju,” jelasnya.

Kata Asep, jalan yang rusak saat ini panjangnya mencapai lima kilometer. Sebagai warga, dirinya menginginkan perbaikan peningkatan jalan segera dilakukan. Karena jika terus dibiarkan maka kerusakan jalan lama kelamaan semakin meningkat.

“Menurut cerita orang tua dulu, jalan tersebut dibangun sejak zaman penjajahan Jepang sebagai akses ke lubang timah. Di lokasi tersebut ada eksplore biji timah oleh tentara jepang. Namun sekarang lubang timah tidak boleh diganggu karena dapat mengganggu ekosistem Gunung Sawal,” terangnya.

Asep menegaskan, warga menginginkan perbaikan jalan segera dilakukan untuk kelancaran akses transportasi warga di tiga desa di Ciamis.

“Kami ingin jalan tersebut mendapatkan perbaikan oleh pihak pemerintah Kabupaten Ciamis demi lancarnya roda perekonomian di daerah yang dilalui jalan tersebut,” pungkasnya. (Es/R7/HR-Online)

Loading...