Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisCegah Penyebaran Covid-19, 63 Eksodus di Desa Rawa Ciamis Lakukan Isolasi Mandiri

Cegah Penyebaran Covid-19, 63 Eksodus di Desa Rawa Ciamis Lakukan Isolasi Mandiri

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Untuk mengantisipasi  adanya penyebaran wabah virus corona, 63 orang eksodus di Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melakukan isolasi mandiri (self isolation) Senin (6/4/2020).

Perangkat Desa Rawa, Ade Saepudin, menyebut jumlah warga eksodus atau pemudik dari luiar kota yang kini pulang ke Desa Rawa mencapai sebanyak 63 orang.

“Untuk mengantisipasi adanya penyebaran wabah virus corona, setiap pemudik diwajibkan memeriksakan dirinya ke puskesmas setempat,” ujarnya, Senin (6/4/2020).

Meski, dari ke 63 pemudik tersebut dinyatakan sehat (negatif), namun pemerintah desa Rawa mengintruksikan agar para pemudik ini rutin melakukan cek suhu tubuh setiap hari, serta melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing masing.

“Sebab isolasi mandiri (self isolation) maupun physical distancing ini bukan hanya intruksi pemerintah kabupaten atau pemerintah pusat, akan tetapi sudah menjadi imbaun WHO, untuk mengurangi penyebaran virus corona atau covid 19,” jelas Ade.

Ade mengatakan, 63 orang eksodus di Desa Rawa yang melakukan isolasi mandiri di dalam rumahnya masing-masing, dianjurkan juga agar memiliki kamar terpisah dari anggota keluarga dan harus selalu mengatur jarak aman.

Meski , 63 eksodus dinyatakan sehat  selama 14 hari tidak diperbolehkan keluar rumah. “Kalaupun memaksa harus selalu menggunakan masker,” ungkapnya.

Ade, menambahkan, prinsip isolasi mandiri maupun physical distancing yaitu untuk meminimalkan kontak yang terlalu dekat, sehingga tidak terpapar.

“Alhamdulilah semua yang melakukan isolasi mandiri, bisa melaksanakan anjuran dari pemerintah,” ucap Ade.

Lebih lanjut Ade mengatakan, tujuan isolasi mandiri ini tidak lain untuk mencegah penularan penyakit, menjauhkan diri dari hal yang tidak diharapkan, serta untuk mencegah membludaknya pasien ke rumah sakit dan mencegah penyebaran covid 19 ke warga yang rentan dan memiliki imunitas rendah. (Edji/R8/HR Online)