Apa Itu Herd Immunity dan Risiko Menerapkannya untuk Mencegah Corona

apa itu heard immunity
Ilustrasi herd immunity. Foto: Ist/Net

Apa itu Herd Immunity dan apa hubungan istilah ini dengan Corona? Banyak pertanyaan yang muncul karena ada istilah ini. Herd Immunity sendiri berkaitan dengan imunitas atau kekebalan tubuh seseorang.

Adanya penyebaran wabah Corona ini dikaitkan dengan Herd Immunity. Konsep mengenai Herd Immunity sendiri menjadi perbincangan banyak orang.

Terutama di sosial media. Banyak pesan berantai tentang Herd Immunity yang telah diterima oleh pengguna smartphone.

Beberapa orang berpendapat bahwa Herd Immunity adalah opsi terakhir untuk menghentikan Corona. Dikatakan bahwa Herd Immunity ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imunitas.

Mengenal Apa Itu Herd Immunity

Ramai diperbincangkan, tentunya masyarakat perlu mengetahui pengertian dari Herd Immunity. Secara harfiah, istilah Herd Immunity diartikan sebagai kekebalan komunitas. Lebih jelasnya adalah kondisi dimana terdapat suatu kelompok yang memiliki tingkat imunitas tinggi.

Sebagian besar orang yang ada di dalam komunitas tersebut tidak rawan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan memiliki tingkat imunitas yang bagus. Singkatnya seperti itu istilah dari Herd Immunity. Jika seseorang memiliki imunitas tinggi, maka akan semakin sulit terserang penyakit.

Begitupun dengan suatu kelompok, hal ini akan meminimalisir penyebaran virus yang semakin meluas. Seperti yang diketahui bahwa kini virus Corona semakin menyebar luas. Bahkan pasien yang diduga positif semakin banyak.

Virus Corona membutuhkan inang untuk bertahan hidup. Entah itu manusia atau hewan, keduanya bisa menjadi inang. Oleh karena itu, agar tidak menjadi inang, maka seseorang harus memiliki daya tahan tubuh kuat.

Mengetahui lebih jauh apa itu Herd Immunity, maka akan dikenal pula istilah vaksinasi. Hal ini juga berkaitan dengan imunitas tubuh.

Vaksinasi merupakan cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan imun tubuh. Salah satu contoh penyakit yang dapat diatasi dengan vaksin adalah campak dan polio.

Banyak orang yang melakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran penyakit. Namun kekebalan tubuh ternyata bisa dibentuk secara alami.

Hal ini juga berkaitan dengan apa itu Herd Immunity. Cara alami merupakan cara lain yang bisa digunakan selain vaksinasi. Cara ini memang tidak mudah terlebih lagi dengan resikonya.

Cara alami ini berarti membiarkan seseorang untuk terjangkit virus lalu sembuh. Orang yang terinfeksi virus kemudian sembuh akan berdampak pada tubuhnya.

Tubuh akan mulai membentuk pertahanan atau yang lebih dikenal dengan antibodi. Tujuannya adalah untuk mencegah agar tidak terinfeksi virus yang kedua kalinya.

Apa Itu Herd Immunity dan Hubungannya dengan Virus Corona

Penyebaran virus Corona semakin meningkat artinya jumlah pasien yang positif juga semakin banyak. Hal yang lebih mengkhawatirkan adalah banyak gejala baru yang muncul sebagai tanda terinfeksi Corona.

Terkadang gejala tersebut muncul secara tiba-tiba. Tidak sedikit tenaga medis yang mengalami kesulitan untuk menangani hal ini.

Apalagi sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah virus Corona. Cara Herd Immunity kemudian dikaitkan dengan virus Corona. Namun hal ini dirasa sangat beresiko.

Penjelasan mengenai apa itu Herd Immunity harus dipahami dengan baik. Salah satunya adalah resiko yang harus dihadapi oleh banyak orang sebab hal ini berkaitan dengan nyawa.

Terlebih lagi orang yang terinfeksi tersebut harus benar-benar sembuh. Kemudian untuk mencapai tingkat Herd Immunity membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika konsep Herd Immunity secara alami diterapkan di Indonesia, maka akan menjadi ancaman besar. Salah satu akibat yang paling signifikan adalah banyak orang meninggal.

Hal ini akan memperparah kondisi kemudian kurangnya tenaga medis akan menjadi hambatan. Sehingga virus Corona akan menyebar semakin cepat. Dampak yang akan didapatkan sangat merugikan masyarakat dan negaranya. Hal ini juga diungkapkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Infeksi Corona ini juga diperparah dengan riwayat penyakit yang sebelumnya telah dimiliki. Seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan paru kronis. Saat ini cara yang tepat untuk dilakukan adalah memutus rantai penyebaran virus Corona. Social distancing dan work from home merupakan kebijakan yang bisa dilakukan.

Menjaga kebersihan seperti mencuci tangan sangat penting dilakukan. Pengertian diatas bisa menjadi ulasan singkat mengenai apa itu Herd Immunity dan resikonya. (R10/HR-Online)