Aplikasi Boros Baterai, Hindari Penggunaannya!

Aplikasi Boros Baterai
Foto: Forbes.com

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Aplikasi boros baterai, hindari penggunaannya! Sudah menjadi rahasia umum jika sebagian aplikasi android mampu menguras daya baterai.

Aplikasi tersebut berjalan walaupun pengguna tidak memakainya. Bukan hanya boros baterai saja, aplikasi seperti ini juga menguras data internet.

Lantas apa saja aplikasi boros baterai yang harus Anda hindari penggunaannya? Simak ulasan berikut ini!

Snapchat

Kabar buruk bagi yang menggunakan Snapcat. Media sosial populer ini termasuk aplikasi yang menguras daya baterai nomor satu.

Wajar karena aplikasi ini memiliki filter dan mampu memproses video dan foto secara terus-menerus.

Dilansir XDA Developers Forum, pengguna mengaku lebih hemat baterai setelah uninstall aplikasi Snapchat.

Sebenarnya Anda bisa mengakali penggunaan Snapchat agar tidak boros baterai dan koneksi internet.

Contohnya mematikan data saat aplikasi tidak digunakan. Anda juga bisa mengaktifkan fitur Travel Mode untuk menghindari proses loading foto dan video yang berlebihan.

Tinder

Tinder memang bagus untuk meningkatkan aktifitas sosial penggunanya. Hanya saja, aplikasinya membutuhkan banyak daya baterai smartphone.

Alasannya tidak terlalu rumit karena Tinder secara terus-menerus mendeteksi lokasi pengguna, sehingga Anda bisa menemukan orang terdekat dengan posisi yang Anda miliki saat itu.

Untuk mengatasi masalah boros baterai juga tidaklah terlalu rumit. Anda tinggal menutup aplikasi ketika tidak digunakan.

Selain itu matikan notifikasi yang tidak digunakan pada aplikasi. Ini mampu mengurangi daya baterai yang diserap Tinder.

Aplikasi Berita

Aplikasi boros baterai berikutnya adalah aplikasi berita yang mungkin sering Anda gunakan. Aplikasi berita sangat penting untuk membuat penggunanya selalu stay up to date.

Sayangnya, aplikasi ini kerap menguras baterai smartphone pengguna karena terus membagikan berita terbaru secara berkala. Akhirnya, Anda perlu refresh ponsel secara teratur.

Untungnya, masalah boros baterai seperti ini bisa diatasi dengan mudah. Dimana, pengguna aplikasi berita bisa mengakses berita terbaru melalui situs utamanya.

Namun jika lebih suka akses via aplikasi, Anda harus mengaktifkannya ketika digunakan saja. Ini jauh lebih efisien ketimbang membiarkan aplikasi begitu saja.

Facebook

Media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak ini termasuk ke dalam aplikasi yang boros baterai berikutnya.

Ini wajar karena Facebook memuat banyak konten yang akhirnya memperberat kinerja smartphone. Beberapa konten yang sering dimuat adalah foto, video, link dan masih banyak lainnya.

Sadar masalah para penggunanya, Facebook meluncurkan versi mungil. Versi mungil tersebut adalah Facebook Lite.

Meskipun ada beberapa fitur yang tidak disematkan di versi mininya, namun lebih baik dibanding harus membiarkan baterai boros ketika digunakan.

Itulah beberapa aplikasi boros baterai yang perlu Anda hindari penggunaannya secara berlebihan. Sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang perlu diperhatikan penggunaannya.

Anda sebagai pengguna harus bijak ketika menggunakan smartphone. Jangan menggunakannya secara berlebihan karena mengganggu performa smartphone. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...