Aplikasi COVID-19 Buatan Apple dengan Fitur Screening Tool

Aplikasi COVID-19 Buatan Apple
Logo Apple. Foto: Net/Ist

Aplikasi COVID-19 buatan Apple mencuri perhatian banyak pihak. Terlebih lagi kegunaan aplikasi ini untuk menangani penyebaran pandemi COVID-19 yang sangat mengkhawatirkan. Aplikasi rancangan Apple ini telah resmi diluncurkan pada hari Jumat yang lalu.

Sejak peluncurannya, aplikasi ini langsung diapresiasi oleh masyarakat yang menggunakannya. Sebab, banyak orang yang penasaran dengan penggunaan dan fungsi aplikasi. Aplikasi ini juga berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19 yang menyerang beberapa negara.

Setelah resmi diluncurkan, aplikasi ini langsung bisa diunduh di App Store. Dengan kata lain, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk pengguna iPhone saja. Itupun hanya untuk versi iOS 13.1 ke atas.

Apa Itu Aplikasi COVID-19 Buatan Apple

Pandemi COVID-19 memang tengah menggemparkan banyak negara. Sebab, salah satu dampaknya adalah memakan korban jiwa yang tidak sedikit.

Bahkan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Tidak sedikit orang di beberapa negara yang sudah terjangkit COVID-19.

Di tengah mewabahnya COVID-19 ini, Apple mulai melakukan inovasi, Bukan untuk produk baru berupa hardware seperti smartphone atau sejenisnya, namun teknologi yang diluncurkan adalah sebuah aplikasi. Aplikasi yang dirancang Apple ini tentunya berkaitan dengan COVID-19.

Perusahaan raksasa dari Amerika Serikat ini memanfaatkan teknologi yang canggih. Aplikasi COVID-19 buatan Apple ini akan diluncurkan dengan nama Apple COVID-19. Kini pengguna iPhone versi 13.01 ke atas bisa menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Apple COVID-19 merupakan aplikasi kesehatan yang digunakan untuk mendeteksi adanya COVID-19. Dilihat dari fungsinya saja, aplikasi ini sangat canggih dan menarik.

Aplikasi yang satu ini ternyata telah dibekali dengan beberapa fitur yang berkaitan dengan COVID-19. Menariknya, Apple juga melengkapi rancangannya dengan situs COVID-19 Screening Tool.

Situs ini bisa diakses melalui perangkat Windows, Android, bahkan MAC. Tidak heran jika aplikasi ini disebut sebagai aplikasi yang canggih.

Aplikasi COVID-19 buatan Apple ini merupakan wujud pengembangan Apple dengan CDC. Bahkan dengan beberapa pihak lain seperti Federal Emergency management Agency dan juga Gedung Putih.

Jadi, aplikasi Apple COVID-19 benar-benar ditujukan untuk mendeteksi pasien yang terjangkit COVID-19. Seperti yang diketahui bahwa banyak warga Amerika yang sudah terjangkit pandemi COVID-19.

Cara Kerja Aplikasi Apple COVID-19

Banyak orang yang penasaran mengenai penggunaan aplikasi ini. Mengingat aplikasi kesehatan ini benar-benar ditujukan untuk pasien COVID-19. Divisi Kesehatan Apple juga tidak akan merancang aplikasi secara sembarangan.

Cara kerja aplikasi ini memang hampir sama dengan beberapa aplikasi pada umumnya. Para pengguna perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu. Kemudian menginstallnya.

Setelah itu, membuka aplikasi COVID-19 buatan Apple. Aplikasi ini akan membantu seseorang dalam mendeteksi keadaannya. Salah satunya adalah dengan memberikan beberapa pertanyaan. Seperti gejala yang dialami oleh pengguna.

Kemudian aplikasi Apple COVID-19 juga akan menanyakan riwayat perjalanan pengguna. Tidak hanya itu saja, bahkan aplikasi ini juga menanyakan riwayat kontak dengan orang positif COVID-19. Semua pertanyaan tersebut wajib dijawab agar memudahkan proses pendeteksian.

Setelah melalui proses screening, maka pengguna harus menuju ke langkah berikutnya. Langkah ini berupa rekomendasi untuk melakukan tes COVID-19 atau tidak. Nantinya akan muncul rekomendasi tesnya untuk pengguna.

Aplikasi ini tidak memerlukan ID atau akun. Bahkan aplikasi ini juga tidak akan mengumpulkan apalagi membagikan data screening. Sehingga layanan ini benar-benar membantu masyarakat.

Selain situs diatas, Apple juga telah menyematkan fitur Siri pada aplikasi COVID-19 buatan Apple. Fitur ini akan menjawab pertanyaan pengguna terkait dengan COVID-19. Selanjutnya akan diarahkan menuju informasi dari CDC.

Fungsi aplikasi Apple COVID-19ini memang sangat bermanfaat. Terutama untuk layanan dari fitur terbaru yang telah disediakan.

Hal ini sangat membantu para masyarakat yang ingin memantau informasi mengenai COVID-19. Bahkan aplikasi ini bisa mendeteksi seseorang yang terjangkit COVID-19.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, aplikasi ini akan memberikan rekomendasi untuk pengguna. Rekomendasi ini terkait dengan pemeriksaan atau tes kesehatan di rumah sakit. Rekomendasi ini disesuaikan dengan data dari layanan Screening Tool.

Aplikasi COVID-19 buatan Apple juga memberikan layanan informasi terkait dengan wabah virus Corona. Layanan informasi ini diambil dari sumber terpercaya dan akurat. Sehingga informasi yang disampaikan juga baru dan teraktual. (R10/HR-Online)

Loading...