Aplikasi Peduli Lindungi Wujud Upaya Penanganan COVID-19

Aplikasi Peduli Lindungi
Aplikasi Peduli Lindungi. Foto: Istimewa

Aplikasi Peduli Lindungi merupakan aplikasi yang dihadirkan oleh pemerintah Indonesia. Kehadiran aplikasi ini juga dikarenakan adanya wabah pandemi Corona atau COVID-19. Wabah tersebut sudah menyebar di berbagai negara dan memakan banyak korban.

Kehadiran aplikasi ini merupakan wujud nyata pemerintah sebagai upaya penanganan. Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa negara yang sudah kehilangan banyak warganya. Tidak terkecuali pasien di Indonesia yang semakin bertambah dari hari ke hari.

Isolasi diri merupakan penanganan yang wajib dilakukan. Hal ini juga menjadi salah satu kebijakan pemerintah yang harus dipatuhi.

Pemerintah sudah memberikan beberapa himbauan kepada masyarakatnya. Kemudian disusul dengan munculnya aplikasi ini.

Baca juga: Aplikasi Trace Together, Mendukung Surveilans COVID-19

Apa Itu Aplikasi Peduli Lindungi?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi ini memang dirancang khusus untuk masyarakat Indonesia. Wabah pandemi Corona sudah sangat meresahkan masyarakat. Hal ini juga menjadi hal yang menakutkan bagi warga.

Sebab, tanpa disadari virus ini menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Tidak heran jika banyak orang mulai merasakan keresahan satu sama lain.

Di beberapa negara sudah menerapkan kebijakan-kebijakan terkait dengan pandemi COVID-19 ini. Salah satunya adalah lockdown dan social distancing. Begitupun dengan Indonesia yang telah menerapkan kebijakan social distancing.

Baca juga: Aplikasi Video Call untuk WFH, Menunjang Komunikasi Makin Mudah

Selain menerapkan kebijakan, pemerintah Indonesia juga telah memanfaatkan fasilitas teknologi. Salah satunya adalah dengan menciptakan sebuah aplikasi. Aplikasi Peduli Lindungi ini digunakan untuk menunjang penanganan virus Corona yang terjadi.

Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna dalam melacak mobilitas pasien Corona. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang unik.

Cara kerja yang digunakan adalah menggunakan ID Anonim. ID ini digunakan oleh pihak rumah sakit yang ingin mengecek pasien Corona tersebut.

Entah itu Pasien Dalam Pengawasan ataupun Orang Dalam Pengawasan. Tentu saja, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk sesama pengguna. Jadi, anda harus menggunakan aplikasi ini agar tetap terhubung dan memudahkan pengecekan.

Fungsi aplikasi Peduli Lindungi ini memang sangat penting. Sebab, nantinya pihak rumah sakit bisa melakukan kontak dengan pasien.

Kemudian menghubungi pasien tersebut, lalu memeriksanya. Hal ini juga memudahkan pengecekan sekaligus pemeriksaan orang yang terpapar COVID-19.

Bagaimana Cara Menggunakan Peduli Lindungi?

Aplikasi yang dibuat oleh pemerintah ini belum terdaftar di Play Store. Sehingga anda belum bisa mengunduh aplikasinya di Play Store. Namun anda bisa mengunduhnya di web resmi. Berikut ini cara menggunakan Peduli Lindungi.

Langkah Pertama

Cara yang pertama adalah mengunduh aplikasi ini di situs web resmi. Pastikan anda benar-benar mengunduh aplikasi ini.

Kemudian anda bisa menginstallnya setelah selesai mengunduh. Pastikan pula bahwa smartphone yang digunakan kompatibel dengan aplikasi Peduli Lindungi ini.

Langkah Kedua

Cara kedua untuk menggunakan aplikasi ini adalah mendaftarkannya. Setelah mengunduh, maka anda bisa membuka aplikasi ini. Maka akan muncul sebuah perintah Jadi Partisipan. Anda bisa menekan perintah ini.

Langkah Ketiga

Cara ketiga menggunakan Peduli Lindungi adalah mengisi kolom-kolom yang telah disediakan. Diantaranya adalah nama dan nomor ponsel yang masih aktif.

Baca juga: Aplikasi Google Meet, Konferensi Rapat Online Gratis

Maka secara otomatis aplikasi ini akan mengirimkan anda sebuah kode. Langkah ketiga ini cukup sederhana dan mudah.

Langkah Keempat

Setelah mendapatkan sebuah kode, maka anda perlu memasukkannya pada kolom. Kemudian anda bisa melanjutkan proses pendaftaran aplikasi Peduli Lindungi.

Sebelumnya, mengapa harus menggunakan nomor ponsel? Sebab, nomor ponsel tersebut akan memudahkan pengecekan.

Nomor ini digunakan agar aplikasi bisa menghubungi pengguna dengan mudah. Dengan begitu, pasien yang memiliki riwayat Corona bisa diawasi. Pastikan anda menekan tombol Saya Setuju.

Langkah-langkah diatas bisa anda ikuti dengan mudah. Aplikasi Peduli Lindungi ini membutuhkan beberapa izin dari pengguna. Salah satunya adalah izin untuk mengakses lokasi dan bluetooth.

Tujuannya adalah agar lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan pengguna yang memiliki perangkat ini. Pastikan anda juga memberikan izin akses tersebut.

Aplikasi ini benar-benar membantu penanganan penyebaran pandemi Corona. Upaya pemerintah memang cukup nyata dan terus berkembang.

Seperti yang diketahui ada beberapa upaya pemerintah untuk menangani Corona. Diantaranya adalah meningkatkan fasilitas kesehatan bagi para pasien.

Kemudian memberikan beberapa fasilitas kepada para tenaga medis. Lalu yang selanjutnya adalah pemanfaatan teknologi dengan meluncurkan aplikasi Peduli Lindungi. (R10/HR-Online)